Risma Resmikan Peluncuran Bus Listrik Kerjasama ITS dan Telkomsel

3

bus listrik ITS
Surabaya – Setelah berhasil membuat Mobil Listrik beberapa waktu yang lalu, pagi ini Minggu (23/11), kembali Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mencetak prestasi dengan meluncurkan karya terbaru mereka Bus Listrik dengan kapaitas 26 penumpang. Peluncuran Bus Listrik ini dilakukan di depan Taman Bungkul dengan dihadiri Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono, Mantan Mendikbud Prof Mohammad Nuh serta Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid.

Dalam sambutannya, Triyogi menyampaikan bahwa Bus listrik karya ITS ini merupakan inovasi civitas akademika ITS yang terus menerus dan serius mengembangkan teknologi Mobil Listrik.

“Dari beberapa perguruan tinggi negeri yang dipanggil ke Istana pada masa Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono -Red) dan diminta melakukan riset dan pengembangan Mobil Listrik, baru ITS yang berhasil secara nyata memproduksi Mobil Listrik,” jelas Triyogi saat memberikan sambutan.

Sementara Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dalam sambutan peluncurannya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh ITS dan Telkomsel.

“Pemerintah Surabaya juga sedang mengembangkan transportasi publik berupa Trem dan Monorel yang sebentar lagi akan diwujudkan, dengan adanya Bus Listrik karya ITS ini akan mendukung program Pemerintah Kota untuk menjadikan Surabaya sebagai Eco City,” ungkap Risma.

Bus Listrik karya ITS ini merupakan hasil kerjasama ITS dengan PT. Telkomsel sebagai penyandang dana. Bus yang keseluruhan dirancang oleh Dosen dan Mahasiswa ITS ini berkapasitas 26 penumpang. Bus ini memiliki Battery yang diimpor dari China dengan kemampuan dapat dicharge atau diisi ulang dengan cepat, hanya 8 jam. Bus dapat berlari dengan kecepatan hingga 160 kilo meter perjam.

Nantinya Bus ini akan ditempatkan di ITS dan menjadi alat transportasi bagi mahasiswa ITS di dalam kampus ITS.

Koreksi Berita : Dengan mencharge battery selama 8 jam dapat menempuh jarak 160 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

 

Peluncuran Bus Listrik ITS

Bus Listrik ITS

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca