Puskamnas Bantu Referensi Polri Dalam Menjaga Keamanan Nasional

0

Jakarta – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti menyambut positif dengan diluncurkannya Pusat Kajian Keamanan Nasional (Puskamnas) oleh Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya). Menurut dia‎ dengan adanya pusat kajian tersebut, Polri bisa mendapatkan referensi yang lebih baik untuk menjaga keamanan nasional.

“Kajian akademis tentang sesuatu hal, jadi kebijakan Polri adalah landasan akedemis dan bermanfaat. Kajian berdasarkan data referensi, jadi bisa dapatkan data. Kan bisa diambil, sepanjang sumber kredibel,‎” katanya usai menghadiri acara Diskusi Publik bertema Launching Puskamas di Graha Purna Wira, Jakarta, Senin (8/12).

Badrodin menegaskan, Puskamnas akan memfokuskan kajian yang bersumber pada definisi keamanan. Menurutnya ada dua pandangan yang harus dikaji.

“Saya sampaikan ada dua pandangan Porli Yuridis, Negara Keamanan itu ada keamanan, pertahanan jadi itu dicurigai oleh aktivis, ada agenda tertentu yang bisa masuk ke mana saja,” ujar dia.‎

Sebelumnya diberitakan, Universitas Bhayangkara Jakarta (Ubhara Jaya) merilis Pusat Kajian Keamanan Nasional (Puskamnas), Senin (8/12).‎ Puskamnas ini dirilis langsung oleh Rektor Ubhara Jaya Inspektur Jenderal (Purn) Bambang Karsono.

Kepala Puskamnas Hermawan Sulistyo mengatakan tujuan utama dari dibentuknya Puskamnas bertujuan untuk memetakan isu-isu nasional terkait keamanan nasional. Puskamnas ini berfungsi untuk mengkaji beberapa isu di antara nya isu terorisme, konflik dan kehutanan.‎

“Kita butuh sebuah pusat kajian yang punya kemampuan untuk menganalisis peristiwa keamanan, baik lokal maupun nasional. Jadi kita nanti akan punya database yang akan kami produksi dalam bentuk software dan hardware,”‎ katanya di dalam diskusi publik bertemakan Launching Pusat Kajian Keamanan Nasional Universitas Bhayangkara Jakarta dan Seminar Keamanan Nasional di Graha Purna Wira Polri, Jakarta, Senin (8/12).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca