Presiden Jokowi Pantau Langsung Operasi Pencarian QZ 8501

2
Kedatangan Presiden Joko Widodo di Kantor-Basarnas, Senin (29/12) sore

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau langsung proses operasi pencarian pesawat Air Asia QZ-8501 yang mengalami hilang kontak sejak Minggu (28/12) pagi.

Jokowi tiba di Kantor Basarnas Kemayoran pukul 17.46. Kedatangan Presiden Jokowi di kantor Basarnas didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendayaan Aparatur Negara Yuddi Chrisnandi, serta Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Setibanya di kantor Basarnas, Presiden Jokowi langsung menuju ke lantai 14 yang menjadi pusat posko pencarian pesawat milik maskapai penerbangan Air Asia itu.

Sebagai informasi, sejak pagi tadi Basarnas melanjutkan operasi pencarian pesawat Air Asia QZ-8501 yang mengalami hilang kontak sejak Minggu (2×8/12) kemarin. Seluruh operasi pencarian pesawat milik maskapai Air Asia dengan rute Surabaya – Singapura itu dilakukan di bawah koordinasi Basarnas.

Kantor pusat Basarnas di Kemayoran Jakarta yang difungsikan sebagai posko utama. Sedangkan kantor Basarnas di Pangkal Pinang difungsikan sebagai posko taktis pencarian pesawat. Hari ini, setidaknya 12 kapal, puluhan rib, dan dua helikopter yang diterjunkan oleh tim Basarnas.

Armada bantuan dari TNI AL dan TNI AU juga ikut dikerahkan membantu pencarian. TNI AL menerjunkan dua KRI, yaitu KRI Sutedi Senaputera dan KRI Patimura, serta KAL Manau dan kapal Ditpolair Polda Bangka. Adapun, TNI AU menerjunkan dua pesawat hercules, satu pesawat intai maritim Boeing 737, serta dua helikopter jenis Puma.

Sedangkan armada bantuan yang dikirimkan negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura masing-masing mengirimkan tiga kapal dan satu pesawat jenis Hercules.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca