Presiden Jokowi Mengajak Semua Pihak Dukung Pencarian QZ 8501

3
Konferensi Pers Presiden Joko Widodo di Kantor Basarnas Jakarta, Senin (29/12)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak mendukung pencarian pesawat Air Asia QZ-8501 yang mengalami hilang kontak sejak Minggu (28/12) kemarin.

Meskipun hampir 36 jam sejak dinyatakan hilang kontak, masih belum dapat dipastikan posisi keberadaan pesawat dengan rute Surabaya- Singapura tersebut.

“Namun, hingga saat ini kita harus menginformasikan apa adanya, belum memperoleh kejelasan informasi tentang pesawat,” katanya saat memberikan konferensi pers usai memantau operasi pencarian di kantor pusat Basarnas di Kemayoran di Jakarta, Senin (29/12).

Dalam kesempatan tersebut, dia juga berharap para keluarga maupun kerabat para penumpang pesawat QZ 8501 di berikan kesabaran menunggu hasil pencarian lokasi pesawat yang hingga saat ini masih belum diketahui keberadaannya.

Presiden Jokowi juga mengajak semua pihak untuk bisa mendukung proses pencarian pesawat. Sehingga, diharapkan para penumpang pesawat bisa segera ditemukan. “Mari bersama-sama mendukung pencarian ini dan kita harapkan secepat-cepatnya berhasil dalam pencarian,” ucapnya.

Sejauh ini, imbuhnya, dirinya telah memerintahkan Komite Nasional Kemanan Transportasi (KNKT) untuk segera bekerja cepat meneliti masalah yang dialami pesawat QZ 8501. “KNKT merupakan lembaga berewenang mengenai hal ini,” tandasnya.

Di samping itu, dirinya juga mengingatkan Kementerian Perhubungan segera memeriksa kembali semua prosedur maupun proses penerbangan pesawat udara secara maksimal.

Pemeriksaan terhadap prosedur maupun proses penerbangan pesawat udara ini menurutnya perlu dilakukan sebagai langkah preventif untuk mengurangi kecelakaan pesawat seperti dipersyaratkan oleh asosiasi maskapai penerbangan internasional IATA. “Dan BMKG, terkait cuaca yang tidak kondusif harus mengingatkan,” tegasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca