PKS: Pekan Kondom Nasional Salah Kaprah

0

hidayat nur wahid

JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera,  Hidayat Nur Wahid, menilai gerakan Pekan Kondom Nasional  oleh Kementerian Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional salah kaprah. Kampanye itu justru mendorong orang untuk melakukan seks bebas.

Menurut Hidayat, kampanye itu tak akan berhasil. Kementerian Kesehatan semestinya melakukan penyadaran agar publik menghindari perilaku yang berpotensi menularkan virus mematikan tersebut.”Orang yang tidak kena HIV/AIDS diberikan (kondom), nanti malah mereka lakukan seks bebas, itu kan bisa jadi awalannya,” kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2013).

Hidayat menjelaskan, semangat kampanye dan bentuk kegiatannya juga bertentangan. Hal ini diperparah dengan pemilihan lokasi, yakni lingkungan sekolah atau kampus.

Untuk diketahui, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) kembali menggelar Pekan Kondom Nasional (PKN). Menurut rencana, PKN 2013 akan digelar lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya, untuk meningkatkan cakupan sasaran.

Sekretaris KPAN Kemal Siregar mengatakan, PKN 2013 akan berlangsung pada tanggal 1-7 Desember 2013. Kegiatannya antara lain terdiri dari kampanye edukasi yang dilakukan di 12 kota besar di seluruh Indonesia, khususnya di daerah berisiko tinggi, seperti pangkalan truk, pelabuhan, dan lokalisasi.

Selain itu, ada pula kampanye bus kondom yang akan mengelilingi Jakarta dan melakukan edukasi di tempat-tempat publik dan kampus. Sementara itu, puncak acara akan digelar di Lapangan Yonif Mekanis 201, Gandaria, Jakarta Timur.

Sumber : kompas

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca