Pesawat Orion Australia Deteksi Objek Yang Diduga Serpihak QZ-8501

1
Air Asia di Bandara Juanda

Jakarta – Panglima Komando Operasi 1 Jakarta Marsda TNI Dwi Putranto menginformasikan kepada media bahwa telah dideteksi sebuah object yang diduga merupakan serpihan dari pesawat Air Asia QZ-8501.

Informasi ini didapat dari Australia berdasarkan penemuan yang didapat oleh pesawat canggih milik pemerintah Australia, Orion. Disampaikan bahwa pesawat Orion mendeteksi adanya sebuah objek di sekitar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

“Tadi pesawat Orion mendeteksi sesuatu (objek) tapi belum dipastikan itu apa, sekarang pesawat kita dari utara bergeser ke lokasi (dideteksinya sesuatu),” ungkap Dwi kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (29/12).

Objek yang dideteksi pesawat Orion yang merupakan jenis pesawat patroli maritim, berada diperairan sejauh 100 mil arah barat selatan Pangkalan Bun. Lokasi tersebut berjarak 700 mil dari lokasi terakhir pesawat Air Asia QZ-8501 terdeteksi sebelum hilang kontak pada Minggu (28/12) pagi.

Sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi dengan pasti apa objek yang ditemukan tersebut. Namun pihak TNI AU dengan koordinasi Basarnas langsung mengerahkan pesawat ke arah titik dimana objek ditemukan.

Hingga berita ini diturunkan, kekuatan Basarnas dengan didukung TNI dan beberapa negara sahabat terus melakukan pencarian pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ-8501 tersebut.

Diantara pesawat yang turut dalam operasi pencarian adalah 2 pesawat Herculeas, 1 Boeing dan 3 helikopter. Basarnas juga mengerahkan 12 kapal miliknya. Sementara Singapura dan Malaysia mengirimkan masing-masing 1 pesawat dan 3 kapal.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca