Pertama Kalinya, Festival Payung Bakal Sapa Wong Solo

2

231114-raditya-Festival-Payung

Solo – Untuk pertama kalinya Festival Payung Indonesia akan diadakan di kota Solo. Festival yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan mengambil tempat di di Taman Balekambang Solo, dari  hari Jumat sampai dengan Minggu (28-30/11) mendatang. Dalam festival nanti, beberapa kegiatan telah dipersiapkan, mulai dari workshop, melukis payung, seni pertunjukan payung, dan masih banyak lainnya.

“Kami ingin terus menggali, bahwa payung mampu dijadikan sebuah karya seni yang luar biasa. Beberapa daerah seperti Juwiring, Klaten hingga Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan salah satu tempat sejarah lahirnya payung. Meski sampai saat ini masih ada, namun jumlah pengusaha disana sudah menurun cukup drastis. Oleh sebab itulah, kami ingin kembali mengangkat daerah tersebut sebagai icon payung,” ujar Heru Mataya, kordinator pelaksana kegiatan festival saat melakukan sosialisasi kepada masyarakat, di kawasan CFD Solo, Minggu (23/11) pagi.

Menurut rencana, peserta akan hadir dari berbagai kota di Indonesia seperti Bali, Makassar, Padang, dan beberapa kota lainnya. Setiap peserta akan membawa kreasi payung dari masing-masing daerah nya.

“Payung identik dengan seorang wanita, sehingga saat berada di kawasan Balekambang nanti kami akan mengeksplore lebih jauh. Terlebih lagi disana (Taman Balekambang) terdapat sebuah patung Partini, kami akan mencoba memanfaatkan patung tersebut untuk menjadi sebuah sajian karya seni yang patut dipertunjukan,” terangnya

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca