Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2014 Dipusatkan di Temenggung

4

IMG-20141203-WA004
Jogja – Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2014 (HDI 2014) hari ini, Rabu (3/12), dipusatkan di kabupaten Temenggung. Dipilih Temanggung karena pada tahun ini berhasil mendapatkan predikat kota inklusi. Kota yang mempunyai semangat dalam meningkatkan kesejahteraan para difabel.

Dalam peringatan yang dihadiri oleh pejabat dari kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini diserahkan juga penghargaan kepada instutusi atau orang yang selama ini serius memperhatikan kebutuhan kalangan difabel. Pemberian penghargaan Inklusif Award diberikan kepada 18 pejuang difabel baik kepala daerah, perguruan tinggi dan perseorangan.

Diantara kepala daerah yang memperoleh Inklusif Award adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Daerah Istimiewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Lombok Tengah dan Bupati Temanggung.

Sementara bagi perguruan tinggi yang memiliki kepedulian tinggi pada kaum difabel dan memiliki karya yang khusus dicipatkan untuk penyandang kekurangan ini, juga diberi penghargaan Inklusif Award. Diantara penerima penghargaan ini adalah Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof. Dr. Triyogi Yuwowo, Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Djaali serta Kepala Pusat Kajian Disabilitas FISIP Universitas Indonesia.

Selain itu juga diberikan penghargaan pada perseorangan baik dari kalangan pengusaha, tokoh masyarakat dan Guru. Diantara penerima penghargaan dikelompok ini adalah Kick Andy dengan acaranya Kick Andi Show disebuah stasiun TV Swasta yang sering mengangkat tentang kisah inspirastif kalangan difabel.

adalah Rektor ITS Surabaya, Kepala Pusat Kajian Disabilitas FISIP UI, Pengusaha, Kick Andy, Hitam Putih Trans 7, PT. Intan Pariwara dan Guru). Yang tentunya akan menjadi momentum bersama dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita kepada saudara-saudara kita yang difabel. Acara ini juga dihadiri Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI dan Dirjen SLB Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah .

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca