Pencarian Pesawat Air Asia QZ-8501 Dilanjutkan Besok Hari

0
Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Deputi Operasi Badan SAR Nasional, Mayjen TNI Tatang Zaenudi

Jakarta – Pencarian terhadap pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ-8501 akan dilanjutkan esok hari, Senin (29/12). Sejauh ini, masih belum diketahui keberadaan pesawat milik maskapai Air Asia dengan rute penerbangan Surabaya – Singapura tersebut.

Deputi Operasi Badan SAR Nasional, Mayjen TNI Tatang Zaenudi mengungkapkan, menjelang malam hari pencarian terhadap pesawat Air Asia QZ-8501 terpaksa ditunda sementara karena gelombang laut yang cukup tinggi.

“Ditunda sementara sampai dengan besok. Karena kita tidak menginginkan tim SAR mendapatkan satu musibah, karena malam hari dan gelombang cukup besar,” katanya di kantor Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Minggu (28/12).

Namun demikian, dia menyatakan, Basarnas akan kembali melanjutkan pencarian keberadaan pesawat tersebut sepagi mungkin pada esok hari. Rencananya, Basarnas akan melanjutkan operasi pencarian pada pukul 06.00 pagi.

Menurutnya, semakin cepat pencarian dilakukan, maka kemungkinan menyelamatkan penumpang pesawat semakin besar. “Karena kalau mereka mengambang (di laut), masih bisa kita selamatkan. Kita takutkan, kalau terlalu lama, orang yang tidak bisa berenang di laut apa yang terjadi,” jelasnya.

Dia menambahkan, lokasi pencarian keberadaan pesawat difokuskan di antara sebelah timur pulau Belitung dan sebelah barat dari Sampit. Posko utama pencarian akan dipusatkan di kantor Badan SAR Nasional di Jakarta. Selain itu, Pangkal Pinang dan Batam akan difungsikan sebagai posko pengendalian laut dan udara.

“Ada juga LO yang akan ditinggal di Badan Sar Nasional untuk mengatur lalu lintas udara dan lalu lintas laut. Nanti semua (dipusatkan) di Badan SAR Nasional di lantai 14,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui Pesawat Air Asia QZ-8501 jenis Airbus A320-200, kode registrasi PK-AXC, dengan rute penerbangan Surabaya menuju Singapura, hilang kontak pagi ini, Minggu (28/12). Pesawat hilang kontak sekitar pukul 6.12 WIB disekitar Pontianak dan pulau Tanjung Pandan, setelah take off dari Bandara Juanda pada pukul 5.36 WIB.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca