Pemerintah Buat Dapur Umum Cadangan Bagi Korban Banjir Bandung Barat

2
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, beri keterangan pers seusai tinjau RPTC Jakarta

Jakarta – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan, pemerintah baru saja membuka dapur umum cadangan bagi para korban banjir Bandung Barat, Jawa Barat.

Keberadaan dapur umum cadangan ini akan menyokong keberadaan dapur umum bagi korban banjir di Bandung Barat yang sebelumnya berjumlah tiga buah. “Kalau untuk Bandung, hari ini juga ternyata sudah ada tambahan dari buffer Nasional. Buffer nasionalnya ada di Bekasi, kita punya satu dapur umum,” katanya di Jakarta, Jumat (26/12).

Dia menyampaikan, sebelumnya sudah ada tiga dapur umum bagi para korban banjir di Bandung Barat, di mana salah satu dari tiga dapur umum tersebut dikelola oleh Kementerian Sosial. Selain tim dapur umum Kemensos, dua dapur umum lainnya dikelola oleh Badan Daerah Penanggulangan Bencana (BPDB) Jawa Barat dan relawan PDIP. “Satu lagi dikomandani tim Tagana Kemsos,” ucapnya.

Khofifah menambahkan, untuk dapur umum Kementerian Sosial di Bandung Barat, pihaknya telah menerjunkan sekurangnya 80 orang tim Taruna Siaga Bencana (Tagana). Tim tersebut setiap hari dibagi ke dalam 10 tim dan bekerja selama tiga shift.

“Jadi ada 80 orang tim Tagana, Taruna Siaga bencana dari Kemsos yang dari pertama sudah membuka dapur umum di sana,” tambah mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Abdurrahman Wahid ini.

Kehadiran dapur umum cadangan dari Bekasi, nantinya akan menambah pasokan logistik untuk membantu para korban banjir di Bandung Barat. “Perhari ini, rupanya sudah ada tambahan logistik yang datang di buffer nasional di Bekasi,” pungkasnya.

Sedangkan, untuk membantu para korban banjir di Aceh Barat, Kementerian Sosial sudah mengirimkan sekurangnya 20 ribu ton beras dan 36 ribu kotak mie instan ke wilayah tersebut. Pengiriman logistik dikoordinasikan di kota Palembang yang difungsikan menjadi daerah buffer penanganan bencana untuk wilayah Aceh.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca