Pelajar se-Indonesia Adakan Kongres di Surabaya

0

Surabaya – Perwakilan pelajar se- Indonesia akan mengadakan Kongres Pelajar Nusantara di Surabaya pada Senin tanggal 10 November. Hingga sabtu malam (8/11) tercatat mereka yang sudah datang di Asrama Haji Sukolilo sebanyak 485 orang terdiri dari pelajar dan guru pembimbing dari 165 Kota/Kabupaten seluruh Indonesia.

Inisiator Kongres Pelajar Nusantara ini adalah jajaran Pemerintah Kota Surabaya, khususnya Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan Organisasi Pelajar Surabaya (ORPES) yang merupakan organisasi dari OSIS SMP – SMA se-Surabaya.

Tujuan dari kegiatan ini ada dua, yaitu, “Mewujudkan generasi emas yang cerdas dan kreatif, serta mempererat persatuan dan kesatuan untuk menjadi generasi emas Indonesia”, jelas Galuh, dari bagian sekretriat Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Sebelum melangsungkan kongres pada senin (10/11) peserta kongres akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan panitia. Pada minggu (9/11) pagi seluruh peserta akan menanam 500 pohon cemara udang di pantai Kenjeran dilanjutkan kegiatan bersih – bersih pantai Kenjeran.

Setalah acara bersih bersih pantai akan ada kegiatan melukis mural ditembok sepanjang pantai Kenjeran. Lukisan mural ini akan berisi gambar atau lukisan yang berisi pesan pesan moral magi masyarakat khususnya kalangan pelajar.

Pada Minggu siang hingga sore hari seluruh peserta akan dilibatkan dalam parade juang Kota Surabaya yang akan berkeliling dijalan protokol di Surabaya.

Saat kongres Senin (10/11) peserta juga akan ada berdialog terkait problematika sosial, lingkungan hidup, nasionalisme, kepemimpinan dan kewirausahaan, dengan para tokoh naional, diantaranya Anis Baswedan, Abraham Samad, Ignasius Jonan dan Buya Syafi’i Ma’rif.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca