Menteri BUMN Dorong Pembangunan Pelabuhan Kapal Pesiar di Bali

1
Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika

Denpasar – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menemui Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Jumat (20/02), di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar.

Rini mengungkapkan, kedatangannya bertemu langsung dengan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika merupakan bagian dari upayanya mendorong sinergi jajaran BUMN dalam mendukung pembangunan di daerah-daerah termasuk pengembangan pelabuhan kapal pesiar atau cruise.

Rini Soemarno menggarisbawahi pengembangan pelabuhan cruise sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan pihaknya memang tengah mendorong pengembangan pariwisata marine dengan program tol laut.

“Kita ingin menggarap pariwisata yang mengangkat potensi kelautan mulai dari Bali. Selanjutnya diharapkan dapat berimbas pada daerah lainnya,” jelas Rini.

Untuk itu, pihaknya mendorong percepatan pembangunan pelabuhan cruise yang lebih memadai sehingga Bali dapat disinggahi oleh kapal pesiar dari berbagai negara.

” Kami berharap Pemprov Bali tak segan-segan melakukan komunikasi dengan jajaran BUMN jika memang ada program pembangunan yang memerlukan support,” terangnya.

Sementara itu Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menyampaikan sejumlah pembangunan yang tengah dikerjakan dan sedang dirancang. Khusus untuk pengembangan pelabuhan kapal pesiar, Pastika menginformasikan bahwa Bali telah menggarap Pelabuhan Tanah Ampo.

Pelabuhan yang berlokasi di Kabupaten Karangasem ini dibiayai secara patungan oleh pusat, provinsi dan kabupaten.

“Dermaganya pusat, terminalnya provinsi dan jalannya dibiayai oleh kabupaten. Saat ini terminal dan jalannya sudah rampung, dermaganya saja yang secara teknis masih kurang panjang sehingga belum dapat melayani cruise,” katanya.

Untuk itu, Pastika berharap agar kementerian BUMN dapat memberi perhatian agar pembangunan pelabuhan tersebut segera rampung.

Pengembangan pelabuhan cruise di Tanah Ampo ini, tambah Pastika, sudah terakomodir dalam Perda Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bali.

“Kami berharap kementrian BUMN bisa membantu pembangunan pelabuhan Cruise ini,” tutupnya.

 

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca