Mendikbud: Pendidikan Ditujukan Agar Peserta Didik Lebih Mandiri

0
Mendikbud Anies Baswed

Jakarta – Di tengah pro-kontra penghentian kurikulum 2013, Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Anies Baswedan mengungkapkan pemahamannya mengenai filosofi pendidikan. Menurutnya, tujuan pendidikan adalah untuk mendorong peserta didik agar mau terus belajar.

Dia menyatakan, seringkali latar belakang pendidikan yang dipelajari pada tingkat sekolah dasar dan menengah berbeda jurusan yang diambil pada saat menempuh pendidikan tinggi. Demikian juga profesi yang digeluti seseorang tidak selalu sama dengan latar belakang pendidikannya.

“Dunia bergerak sekarang begitu cepat. Sekarang justru menjauhi seorang anak menjadi spesialis tapi menjadi generalis dengan terus menerus belajar,” katanya di Jakarta, Sabtu (13/12).

Dia meyakini, jika pendidikan bisa membentuk sesorang menjadi pembelajar maka akan terjadi perubahan di masa mendatang. “Ruang kreativitas terbuka luar biasa di masa depan. Jangan mendidik anak-anak kita semata-mata menjadi orang yang terkotak-kotak, tapi mendidik anak-anak kita menjadi mandiri,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghentikan kurikulum 2013. Untuk sementara, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2006. Penghentian kurikulum 2013 kemudian memunculkan pro dan kontra karena bahan ajar kurikulum 2013 sudah terlanjur dicetak.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca