Memasuki Hari Ketiga, Basarnas Perluas Area Pencarian

0

Jakarta – Di hari ketiga pencarian pesawat QZ 8501, Badan SAR Nasional (Basarnas) memperluas area pencarian.
Area pencarian hari ini diperluas menjadi 13 sektor yang luas keseluruhannya mencapai 156.000 km persegi.

Pada hari Senin kemarin, Basarnas sudah menyisir 7 sektor area yang menjadi target pencarian pesawat maskapai penerbangan Air Asia, atau mengalami penambahan 3 sektor dari pencarian hari pertama.

“Setelah kita hitung kita evaluasi semalam, maka kita perluas menjadir 13 area pencarian,” kata dalam konferensi pers di kantor pusat Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/12).

Dia menyatakan, pada pencarian yang dimulai pada pukul 06.00 pagi tadi Basarnas mendapatkan tambahan armada kapal laut untuk menambah kekuatan operasi pencarian terhadap pesawat yang mengangkut 155 penumpang itu. Tambahan kapal berasal dari TNI AD, Polri dan sebuah institusi survei.

Selain itu, armada bantuan dari Korea Selatan yang sudah menyatakan kesediaannya membantu proses pencarian sudah mulai diterjunkan. Korea Selatan mengoperasikan dua pesawat Orion untuk membantu pencarian lewat udara. “Hari ini juga ada tambahan bantuan dari Korea Selatan. Ada pesawat Orion Korsel,” lanjutnya.

Bambang menambahkan, untuk pencarian di sektor 12 dan 13, Basarnas akan menggunakan kekuatan udara yang dilengkapi peralatan direction finder untuk menemukan pancaran lokasi sinyal emergency. “Setelah dari udara ditemukan perkiraan lokasi, maka (personil) dari darat kita kerahkan,” paparnya.

Sebagi informasi, dalam operasi pencarian hari ini, sekurang-kurangnya 16 helikopter, 14 pesawat, dan 60 kapal laut diterjunkan untuk menemukan keberadaan pesawat yang mengalami putus kontak Minggu (28/12) lalu itu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca