Marzuki Ali: Partai Bukan Kendaraan Untuk Jadi Presiden

0

Jakarta – Anggota Dewan Pertimbangan partai Demokrat Marzuki Ali menegaskan, fungsi partai politik bukanlah untuk melapangkan jalan menuju kursi RI 1.

“Kembalikanlah peran fungsi partai kembali kepada yang betul, bukan untuk menjadi Presiden,” katanya di Jakarta, Senin (15/12).

Menurutnya, partai politik harus dikembalikan kepada fungsi yang sebenarnya. Yang dibutuhkan dari tokoh di tubuh partai politik adalah kompetensinya dalam memimpin partai. “Yang penting, dia mampu gak konsolidasi partai sampai tingkat terendah dan menggerakkan mesin partai,” jelasnya.

Dia menyatakan, partai harus mencari figur tokoh untuk meningkatkan perolehan suara partai dalam pemilu. Namun demikian, tokoh figur tersebut janganlah dimunculkan dengat niatan menjadi kepala negara. “Sekali lagi saya ingin sampaikan, peran fungsi partai bukan untuk menjadi pemimpin Republik Indonesia. Tapi membangun, menyiapkan orang-orang untuk menjadi pemimpin,” pungkasnya.

Mantan Ketua DPR periode 2009-2014 ini berpendapat, selama ini jarang muncul. figur lain di tubuh partai politik, karena memang tidak diberi kesempatan untuk muncul. Akibatnya, tidak ada figur lain yang dikenal dan dilihat oleh publik.

Padahal, lanjutnya, kalau mau jujur, maka partai politik harus memberikan kesempatan kepada semua kadernya untuk maju. “Demokrasi dimulai dari partai. Baru kita kembangkan demokrasi tumbuh di publik,” tutupnya.

Sebagai informasi, hasil survey Cyrus Network menunjukkan masyarakat menginginkan adanya regenerasi kepemimpinan partai politik. Masyarakat menganggap, tokoh-tokoh muda perlu diberikan kesempatan memimpin partai, 80 persen responden menginginkan partai politik dipimpin oleh Ketua Umum yang berusia di bawah 60 tahun.

Sedangkan, kepada tokoh partai politik yang usianya di atas 60 tahun, mayoritas responden berpendapat, lebih cocok untuk mengisi posisi di luar pengurus harian partai. Antara lain, sebagai Dewan Pembina, Dewan Pertimbangan atau Dewan Penasehat Partai.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca