Klaim Jokowi Presiden Indonesia Pertama ke Sebatik Dibantah

2
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Berkunjung ke Sebatik 2005 (doc Hankam)

Jakarta – Pemberitaan beberapa media pada Selasa (16/12) terkait kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pulau Sebatik, di Kalimantan Utara (Kaltara), yang diklaim sebagai kunjungan Presiden RI yang pertama ke Pulau Sebatik terbukti tidak benar.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyonno (SBY), membantah berita tersebut. Djoko menjelaskan, SBY pernah berkunjung ke Sebatik saat hubungan Indonesia dengan Malaysia sedang memanas karena sengketa perbatasan. Saat itu, Malaysia mengklaim memiliki Blok Ambalat.

“Presiden Jokowi bukan presiden pertama yang ke Sebatik, dan Nunukan. SBY sudah ke Nunukan empat atau lima tahun yang lalu,” kata Djoko kepada media hari ini, Rabu (17/12) di Jakarta.

Pernyataan Djoko Suyanto itu sekaligus membantah pejabat Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, yang menjadi sumber berita media terkait klaim Jokowi adalah Presiden RI yang pertama mengunjungi pulau Sebatik.

“Insya Allah jika Presiden Jokowi datang ke Pulau Sebatik dan Nunukan, tercatat Presiden Jokowi sebagai Presiden RI yang pertama datang ke Pulau Sebatik,” ungkap Irianto Lambrie, Pejabat Gubernur Provinsi Kaltara, pada Senin (15/12/2014) malam. Pernyataan inilah yang kemudian menjadi berita dibeberapa media dan dibantah oleh Djoko.

Dari penelusuran redaksi Fren247, berita tentang kunjungan SBY ke pulau Sebatik pada Selasa (8/3/2005), dimuat diberbagai media online. Masa itu SBY berkunjung menggunakan perahu karet dari KRI KS Tubun 356. Masa itu SBY mendarat di pulau Sebatik dengan didampingi oleh sejumlah Menteri dan Petinggi TNI.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca