Kepala Basarnas Sebut Tingginya Gelombang Laut Menjadi Kendala Proses Evakuasi

2

Jakarta – Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo menyebut, cuaca di sekitar lokasi evakuasi pesawat QZ 8501 menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh tim Basarnas di lapangan.
Dia menyampaikan, saat ini ketinggian ombak di sekitar lokasi evakuasi yang berada di antara utara laut Jawa dan selat Karimata mencapai hingga ketinggian tiga meter. “Kendala kita hari ini adalah cuaca dan ombak di lokasi evakuasi,” katanya di kantor pusat Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/12).

Menurutnya, di lokasi evakuasi saat ini ada KRI Yos Sudarso dan KRI Bung Tomo. Sedangkan di pangkalan Bun sudah disiapkan helikopter milik Basarnas dan TNI. Rencananya, pada pukul 22.00 nanti KRI banda aceh, KRI Pulau Remang, Pulau Rengat, dan Kapal Singapura akan tiba ke lokasi evakuasi.

Sedangkan untuk pasukan penyelam, Basarnas sudah meminta tambahan bantuan dua tim penyelam dari TNI AL yang jumlahnya 14 orang untuk proses evakuasi esok hari. “Saat ini sudah ada 9 personil di Pangkalan Bun, tapi kita tidak bisa menggeser mereka ke daerah operasi,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diberikan KRI Yos Sudarso dan KRI Bung tomo kedalaman air di lokasi diperkirakan antara 25 sampai 30 meter. “Kalau di kedalaman itu kita bisa menggunakan penyelam kita untuk mengevakuasi,” ujarnya.

Bambang menjelaskan, Basarnas akan melakukan proses evakuasi esok hari semaksimal mumgkin. Saat ini, kapal yang berada ini di area pencarian akan melokalisir sekitar lokasi. Sehingga, proses evakuasi esok hari akan lebih mudah. “Kalau nanti malam tinggi gelombang mereda, maka malam ini pun akan dilakukan evakuasi dengan lampu-lampu yang ada di kapal,” tegasnya.

Dia menambahkan, kemungkinan pada evakuasi esok hari kapal BPPT dan kapal Baruna Jaya akan diterjunkan mencari bagian pesawat di kedalaman dasar laut. Diharapkan, pada pukul 10.00 besok pagi kapal tersebut sudah bisa sampai mencari bagian pesawat yang masih berada di dasar laut.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini