Kenali Dunia Bawah Laut dengan Ular Tangga Spongebob

0

[ads1]

Mahasiswa ITSSpongebob merupakan tokoh kartun yang menjadi primadona bagi anak-anak. Melihat peluang tersebut, mahasiswa Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun menggunakannya sebagai sarana untuk mengenalkan dunia bawah laut kepada anak-anak TK di Surabaya.

Agar semakin menarik, pengenalan terhadap dunia bawah laut pun dikemas dalam bentuk permainan ular tangga. ”Anak-anak dikenalkan kepada spesimen asli koleksi Lab Zoologi, seperti Sponge dan Krabs (Crustacea) melalui permainan ular tangga,” ujar Ketua Panitia, Faridah Tsuraya, seperti dinukil dari ITS Online, Selasa (19/11/2013).

[ads2]Dia menjelaskan, acara itu bertujuan mengembangkan kepekaan anak-anak tentang dunia bawah laut. ”Kami ingin menanamkan pengetahuan dan kepedulian tentang hewan-hewan bawah laut kepada mereka dengan kemasan acara yang menyenangkan. Permainan ular tangga dipilih karena dianggap efektif untuk memperkanalkan dunia bawah laut,” paparnya.

Bertajuk Ayo Mengenal Dunia Bawah Laut, para mahasiswa Biologi angkatan 2012 itu menargetkan siswa TK di Surabaya sebagai sasaran. Adapun TK yang turut berpartisispasi yaitu TK ABA, TK 10 Nopember, TK Antasari, dan TK Mutiara. ”TK tersebut dipilih karena dianggap telah mewakili daerah Surabaya,” kata Farida.

Permainan dimulai dengan lemparan dadu. Bidak akan bergerak dan menempati posisi yang sesuai dengan angka yang keluar. Menurut Farida ada spot tertentu yang menjadi rumah Spongebob, rumah Patrick, dan rumah Krabs.

Dalam masing-masing spot, lanjutnya, akan terdapat pemandu yang akan menjelaskan. ”Di rumah Spongebob akan dijelaskan tentang Sponge, di rumah Krabs akan dijelaskan Crustacea, ya seperti itu lah,” urainya.

Acara tersebut mendapat tanggapan positif dari para guru TK yang hadir. Salah satunya Fitria yang merupakan guru kelas TK ABA. Dia mengaku senang karena anak didiknya mendapat pengetahuan tentang dunia bawah laut. Sehingga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas.

Fitria berharap, melalui acara tersebut anak didiknya dapat memiliki gambaran tentang apa yang akan menjadi minatnya ke depan. ”Terutama pemikiran tentang cita-citanya kelak mungkin ada yang berminat untuk menekuni dunia kelautan ataupun biologi,” imbuh Fitria. (ade)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca