Kementerian Sosial Siapkan Perabotan Rumah Bagi Korban Longsor Banjarnegara

1
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi RPTC Jakarta

Jakarta – Kementerian Sosial berencana meyiapkan isi perabotan rumah bagi para korban longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Besaran nilai perabotan rumah bagi para korban longsor yang disiapkan Kementerian Sosial sebesar Rp. 2 Juta per tempat tinggal.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, dana bantuan untuk tempat tinggal bagi korban longsor Banjarnegara sudah disiapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, dana bantuan BNPB tersebut ditujukan untuk biaya sewa rumah yang akan menjadi hunian sementara (Huntara) bagi para korban longsor.

Oleh karena itu, dia menyatakan, Kementerian Sosial akan menyiapkan isi perabotan bagi hunian sementara yang akan ditempati para korban longsor Banjarnegara. Nantinya, Kementerian Sosial yang akan memutuskan, apakah hunian sementara tersebut masih memerlukan perabotan rumah atau tidak.

“Kalau memang mereka, menurut tim assesment memang membutuhkan isi huntara, maka tugas Kemsos per huntara 2 Juta (rupiah),” katanya di Jakarta, Jumat (26/12).

Dia menambahkan, bantuan juga akan diberikan kepada korban longsor yang sudah mendapatkan hunian tetap (Huntap). Besaran bantuan perabotan rumah akan sama dengan mereka yang tinggal di hunian sementara. “Kalau nanti mereka sudah mendapatkan Huntap, hunian tetap isinya bisa dari Kemsos per rumah 2 juta juga,” jelasnya.

Sejauh ini, pemerintah telah memperpanjang masa tanggap darurat bencana longsor Banjarnegara hingga 4 Januari 2015. Khofifah mengungkapkan, pihaknya akan terus memantau proses penyiapan hunian sementara bagi para korban longsor Banjarnegara setelah masa tanggap darurat tersebut berakhir.

“Tim assesment nanti yang akan menyampaikan reportnya. Yang jelas, posisi Kementerian Sosial menyiapkan isi Huntara dan menyiapkan isi Huntap,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca