Kasus Impor Beras Vietnam dianggap legal

0
20140220impor-beras
Plh.Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Vincentius Sonny Loho (kanan) didampingi Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi (kiri)

Jakarta – Setelah mengadakan pertemuan hari ini (20/2)┬áKementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyepakati kasus beras asal Vietnam kelas medium di Cipinang tersebut ditutup, berdasarkan penelitian dan uji sampel diputuskan bahwa yang beredar adalah beras legal dengan level premium.

[ads2][ads1]

Dengan keputusan ini maka kasus beras Impor yang ramai belakangan ini diperbincangkan berakhir. Kasus impor yang sempat menimbulkan dugaan Kementerian Perdagangan terlibat dalam impor yang diduga sudah menyalahi prosedur. Apalagi impor dilakukan pada saat BULOG sedang mengalami surplus akibat panen yang berhasil di semua daerah pertanian. Masuk nya beras impor dikhawatirkan membuat harga beras petani lokal menjadi jatuh.

Dari penyelidikan pemerintah atas beras impor tersebut ditemukan fakta bahwa beras tersebut adalah beras kelas premium yang tidak termasuk pelarangan impor. Dengan hasil ini maka kasus beras impor ditutup oleh pemerintah.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca