Kapal Pendeteksi Badan Dan Blackbox Pesawat Sudah Sampai Ke Lokasi Pencarian QZ 8501

0

Jakarta – Tim gabungan Badan SAR Nasional mendapatkan kekuatan tambahan untuk mencari dan menemukan keberadaan badan pesawat Air Asia QZ 8501.

Deputi Operasi Basarnas Mayor Jenderal TNI Tatang Zaenuddin mengungkapkan, saat ini kapal pendeteksi badan dan black box pesawat sudah berada di area pencarian pesawat QZ 8501.

“Kapal BPPT yang dilengkapi dengan detektor dan Kapal Baruna jaya 1 yang dilengkapi dengan under locator beacon untuk mendeteksi sinyal dari blackbox dan sonar untuk mendeteksi lokasi sudah berada di lokasi untuk melakukan pencarian,” katanya di kantor Basarnas di Jakarta, Kamis (01/01).

Dia berharap, Basarnas bisa segera menemukan lokasi keberadaan badan pesawat dengan tambahan bantuan kedua kapal berteknologi canggih tersebut. “Mudah-mudahan bisa segera ditemukan badan pesawat,” ucapnya.

Dalam operasi pencarian Basarnas hari ini, sekurang-kurangnya 17 helikopter, 10 pesawat, dan 57 kapal laut diterjunkan untuk menemukan yang mengangkut 155 penumpang itu. Sedangkan jumlah unit pencarian (Search Rescue Unit) yang diturunkan berjumlah 670 orang.

Adapun, armada bantuan luar negeri yang ikut membantu pencarian sebanyak 14 buah, yang terdiri dari 2 helikopter dan 2 pesawat dan 5 kapal Singapura, 1 pesawat dan 2 kapal Malaysia, 1 pesawat Korea Selatan, dan 1 Kapal Laut Amerika.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca