Jonan : Pembekuan Izin Penerbangan Air Asia QZ-8501 Tidak Terkait Kecelakaan

2
Air Asia di Bandara Juanda

Jakarta – Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan, dalam keterangan pers nya menyampaikan bahwa pembekuan izin penerbangan Air Asia dengan kode penerbangan QZ-8501 tidak terkait dengan kecelakaan jatuhnya pesawat Air Asia di Perairan Pangkalan Bun.

“Pembekuan izin tidak ada kaitan, bukan penyebab kecelakaan,” jelas Jonan di kantor Kemenhub, Selasa (6/1).

Pembekuan izin penerbangan Air Asia tersebut, adalah tindak lanjut dari audit rute penerbangan Air Asia Surabaya ke Singapura yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Kemenhub. Bersamaan dengan audit yang sedang berlangsung tersebut terjadi peristiwa kecelakaan Air Asia QZ-8501.

“Kebetulan ada kecelakaan reviewnya dipercepat, kalau nggak ada izin rute nggak boleh,” ungkap Jonan.

Sebagaimana diketahui, Kemenhub telah membekukan sementara izin penerbangan Air Asia rute Surabaya – Singapura pulang pergi sejak tanggal 2 Januari lalu. Tindakan tegas ini diambil Kemenhub karena Air Asia telah melanggar jadwal izin terbang yang telah ditetapkan Kemenhub.

Menurut Kemenhub jadwal rute yang dilayani penerbangan Air Asia QZ-8501 hanya pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Namun fakta dilapangan ditemukan Air Asia merubah jadwalnya tanpa pemberitahuan ke Kemenhub menjadi Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca