JK: Ketua Baru MK Tak Bisa Pulihkan Kepercayaan Masyarakat

0
Jusuf Kalla ke Amerika Serikat setelah KPU mengumumkan pemenang PILPRES 2014

Jusuf KallaJAKARTA – Tokoh nasional Jusuf Kalla (JK) menyebut kepercayaan masyarakat kepada Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memudar. Hal itu terjadi setelah mantan Ketua MK Akil Mochtar tertangkap oleh Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan kasus suap sengketa Pilkada Lebak, Banten, dan Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

“Ya, memimpin MK dengan tidak benar dan ada korup. Maka, kepercayaan kan turun,” ungkap JK di Kantor Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta, Senin (18/11/2013).

Menurut mantan Wakil Presiden itu, akibat turunnya kepercayaan masyarakat, semua keputusan MK terkait sengketa pilkada selalu dicurigai. “Masyarakat kini mencurigai terus-menerus MK, walaupun sudah diganti pimpinannya. Nah, tinggal keputusannya dianggap tidak kredibel. Ya itulah yang terjadi,” tegasnya.

Kemudian, menurut JK, setelah kericuhan yang terjadi di Ruang Sidang Utama Gedung MK pada Kamis 14 Oktober 2013, saat sidang putusan sengketa Pilkada Maluku, harus ada perbaikan pengamanan di sana. “Tentu, pengamanannya harus diperbaiki,” pungkas Ketua Umum PMI itu.
(lam)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca