Jenasah Penumpang Air Asia QZ-8501 Akan Diidentifikasi di Surabaya

1
Foto lokasi yang diduga kuat sebagai lokasi jatuhnya Pesawat Air Asia QZ-8501

Jakarta – Basarnas telah menemukan serpihan dan lempengan pintu darurat yang diduga kuat berasal dari pesawat Air Asia QZ-8501 yang hilang kontak pada Minggu (28/12) lalu.

Selain itu, Basarnas juga melihat bayangan dari kedalaman laut menyerupai bentuk pesawat pada posisi 3.54.48. LS – 110.31.4 BT yang lokasinya diantara laut Jawa dan selat Kalimantan. Posisinya berada di sebelah barat daya jika ditarik garis lurus dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo menyampaikan, pangkalan untuk evakuasi akan dipusatkan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Namun, untuk proses identifikasi terhadap jenasah para korban akan dilakukan di Surabaya, Jawa Timur.

“Kenapa di surabaya? karena hampir seluruh penumpang ada di Surabaya dan sekitarnya. Karena itu saya berharap jika dibawa ke sana lebih mudah untuk proses identifikasi,” katanya di kantor Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/12).

Dia menyatakan, Basarnas tidak melarang apabila pihak keluarga ingin melihat proses evakuasi di Pangkalan Bun. Namun demikian, masalah penerbangan ke wilayah tersebut bukan menjadi tanggung jawab Basarnas.

“Penerbangan kemanapaun tanggung jawab operator penerbangan. Kalau memang penerbangan mau membawa mereka ke sana, saya persilahkan,” lanjutnya.

Bambang tidak menepis kemungkinan proses evakuasi akan berlangsung hingga malam. Menurutnya, semua itu bergantung pada situasi di lapangan. “Kita tidak mengenal malam dan siang. Yang membatasi kita adalah cuaca,” tegasnya.

Dia menambahkan, saat ini sudah 21 orang penyelam yang dipersiapkan untuk melakukan proses evakuasi. 10 orang berasal dari satuan Basarnas, sedangkan 11 sisanya berasal dari TNI AL. Jika memang penyelaman bisa dilakukan, maka tidak diperlukan lagi sebuah alat tambahan untuk mencapai kedalaman laut.

“Kalau penyelaman tidak bisa karena kedalaman, alat itu yang akan kita gunakan,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca