Jawa Timur Bertadabbur Dihadiri Ribuan Ummat Islam

1

Jawa Timur Bertadabbur Al Quran

Surabaya – Ribuan ummat Islam Jawa Timur antusias menghadiri acara Jawa Timur Bertadabbur Al-Quran yang dihelat di Masjid Al-Akhabr Surabaya, Minggu (28/9). Acara ini diselenggarakan oleh Ar Rahman Quranic Learning Center (AQL) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pengkajian Ilmu Alquran (LPPIQ) Surabaya.

Acara sedianya baru akan dimulai setelah shalat zuhur, namun karena tingginya antusiasme ummat, semenjak pukul 09.00 pagi masjid terbesar di Jawa Timur ini sudah penuh .

Berdasarkan info yang dihimpun reporter kami, para jamaah yang hadir berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Setidaknya ada 5 ribu-an orang hadir diacara ini. Dari catatan panitia, jumlah peserta yang mendaftar mencapai 4.000 orang, selain itu banyak juga yang tidak melakukan registrasi.

Acara Jawa Timur bertadabbur Al-Quran diisi oleh Ust Sholeh Drehem, ketua Ikatan Dai (IKADI) Jawa Timur, ust Roem Rowi, guru besar Tafsir UIN Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur dan Ust Bachtiar Nashir, Sekjend Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) sekaligus pendiri dari Ar Rahman Quranic Learning Center (AQL)

Dalam acara ini, Ust Bachtiar Nashir menyampaikan pesan tentang 3 hal penting dalam membaca Al Quran. Pertama, supaya hatinya harus senantiasa hidup, yang artinyamenghadirkan al-quran dalam setiap aktivitasnya. Kedua, pendengarannya harus tuduk kepada hal hal yang diperbolehkan untuk di dengarkan menurut al-Quran. Ketiga, menjadikan matanya senantiasa sebagai saksi atas kebenaran AL-Qur’an.

Nanang, sebagai salah satu panitia dari pihak AQL, menyampaikan tiga tujuan dari pelaksanaan acara ini. Pertama, untuk menjadikan jembatan bagi pemersatu ummat Islam dalam mempelajari Al Quran. Kedua, untuk menjadikan pemersatu para guru guru yang konsisten dalam mengajarkan Al Quran kepada peserta didik, baik peserta didik formal maupun non formal. Ketiga, untuk kembalik menggugah kesadaran ummat Islam Jawa Timur supaya kembali menjadikan Al-Quran sebagai panduan dalam kehidupan ini.

Adapun tindak lanjut dari acara Jawa Timur bertadabbur Al-Quran ini menurut Nanang, akan dibukanya Rumah Tadabbur AlQuran di Jawa Timur. Harapannya adalah memudahkan masyarakat Jawa Timur dalam mentadabburi Al-Quran secara baik dan tepat bersama guru mapun ustadz yang menguasai bidang ilmu al-Quran.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca