Pemkot Solo Siapkan Tiga Tempat Pasar Darurat Pedagang Klewer

0

Solo – Pasca terbakarnya Pasar Klewer, pada Sabtu (27/12) kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo langsung bergerak cepat, salah satunya membuat pasar darurat bagi para pedagang. Sampai saat ini pemkot Solo sudah mengantongi tiga tempat yang akan digunakan sebagai kawasan pasar darurat.

“Dari ketiga itu akan kami pilih satu, beberapa kawasan tersebut seperti, kawasan benteng Vastenburg, kawasan PGS (Pusat Grosir Solo), dan kawasan alun-alun utara. Sampai saat ini kami terus menjalin komunikasi dengan pemilik lahan tersebut,” ujar Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Solo, Subagyo kepada wartawan, Senin (29/12) malam.

Pihaknya juga menjelaskan, salah satu alasan pemilihan tempat tersebut, karena lokasi ini jaraknya cukup berdekatan dengan pasar Klewer. Selain itu kawasanya aman, akses lalu lintasnya lancar dan pedagang tetap laris.

“Anggaran pasar darurat, kita rencanakan sekitar 28 miliar. Anggaran tersebut bisa kami ambil dari APBD kota Surakarta, APBD Propinsi, maupun APBN. Jadi di pasar darurat itu untuk menampung 1.532 kios, ditambah pedagang pelataran 765 dan lainya pedagang renteng. Untuk pembagunan pasar darurat kami tak sembarangan, salah satunya seperti menggunakan triplek, namun bangunanya semi permanen dan bahannya pun terbuat dari bahan yang bagus pula,” papar Subagyo.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca