Kereta Batara Kresna Bakal Kembali Dihidupkan

0

Solo – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta bersama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo melakukan uji coba transportasi massal Railbus ‘Batara Kresna’ rute Solo-Wonogiri, Kamis (4/12) siang.

Executive Vice President PT KAI Daop VI Sunarjo menjelaskan uji coba ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan lintasan rel maupun kelayakan armada Railbus. Hal ini dilakukan guna melihat aspek kesiapan sebelum resmi di launching nanti.

“Sebelum diresmikan tentunya semua sudah harus sesuai dengan standart keselamatan, mulai dari armada, stasiun pemberhentian, palang pintu hingga rel itu sendiri,” ujarnya disela kegiatan.

Ketika disinggung kapan akan dilaunching, pihaknya belum bisa memastikan, karena semua menunggu dari keputusan pusat. Beberapa Stasiun yang dilewati, seperti Stasiun Solo Kota, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Nguter dan berakhir di Stasiun Wonogiri. Sebenarnya beberapa Stasiun tersebut sudah tak digunakan lagi, namun dengan keberadaan Railbus stasiun-stasiun tersebut bakal menjadi bagian dari keberadaan Railbus.

“Terkait kapan dan berapa besarnya biaya untuk sekali naik, kami belum mengetahui. Karena memang keputusan tersebut dari pusat. Kami hanya melakukan ujicoba kelayakan saja,” katanya.

Jika dilihat keberadaan Railbus ini bakal menjadi primadona bagi masyarakat. Pantauan Fren247, banyak masyarakat yang berada di perlintasan rel sangat antusias ketika melihat Railbus ini melintas.

“Ya harapan kami kedepan transportasi ini mampu menjadi primadona masyarakat, selain aspek kenyamanan, kami juga berharap harga tiket bisa terjangkau masyarakat luas. Agar keberadaan Railbus ini mampu menjadi icon warga Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri,” harapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca