Hari Ini Basarnas Lakukan Operasi Pencarian Malam Untuk Temukan QZ-8501

0
Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H Bambang Soelistyo memberikan keterangan pers, Senin (29/12)

Jakarta – Pada hari kedua pencarian pesawat AirAsia QZ-8501, Badan SAR Nasional (Basarnas) melakukan operasi pencarian malam untuk menemukan keberadaan pesawat dengan rute Surabaya – Singapura tersebut.

Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H Bambang Soelistyo menyampaikan operasi pencarian malam dilakukan oleh kapal-kapal yang mempunyai kemampuan untuk beroperasi di malam hari.

“Operasi hari ini dimulai pukul 06.00 dan sampai saat ini masih dilakukan pencarian oleh unsur-unsur pada malam hari,” katanya di kantor pusat Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Senin (29/12) malam.

Bambang juga menjelaskan, proses pencarian malam ini dilakukan agar bisa segera menemukan lokasi keberadaan pesawat yang sudah mengalami putus kontak selama 36 jam. “Ini menunjukkan, Basarnas menginginkan proses pencarian bisa segera menemukan,” tegasnya.

Dia menyatakan sejauh ini pencarian terhadap pesawat milik maskapai penerbangan Air Asia itu dilakukan melalui jalur udara maupun laut. Sejak pukul 06.00 tadi pagi, sekurang-kurangnya 11 pesawat dan 37 kapal laut telah dikerahkan untuk menemukan lokasi keberadaan pesawat tersebut.

Selain itu, armada kapal dan pesawat negara tetangga juga ikut membantu proses pencarian yang dikoordinasikan oleh Basarnas. Di antaranya, 3 buah kapal laut dan 2 pesawat Singapura, 3 pesawat Orion milik Australia, serta satu pesawat jenis Hercules milik Malaysia.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca