dibutuhkan ! INDEMNITY INSURANCE

0

riskmanagement

Dalam beberapa waktu belakangan ini berbagai media massa terutama sosial media dan media online riuh dengan berbagai pemberitaan / sharing informasi tentang demo atau mogok dari berbagai profesi dengan berbagai alasan.

[ads1]

Mulai dari demo buruh yang memacetkan jalanan, demo dokter yang mengganggu layanan kesehatan masyarakat sampai demo para penghulu/petugas KUA yang menolak melayani di luar kantor dan jam kantor.

Kesadaran masyarakat akan eksistensi profesi saat ini sedang tumbuh dan berkembang dan marak diupayakan untuk ditegakkan dengan segala perangkatnya , mulai dari keberadaan Asosiasi Profesi, Kode Etik Profesi, Pendidikan dan Sertifikasi Profesi hingga peraturan perundangan tentang profesi tertentu. Kesemuanya bermuara kepada upaya untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik .

[ads2]

Pada dasarnya semua profesi memiliki resiko dalam menjalankan tugas profesinya dan semua profesi tidak ada yang bebas hukum sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

Dari sudut pandang ini maka menjadi penting untuk tersedianya perangkat mitigasi resiko berupa perlindungan hukum maupun finansial bagi para profesional tersebut dari segala kemungkinan terjadi nya resiko profesi.

Perlindungan hukum dalam bentuk peraturan perundangan yang adil dan melindungi masyarakat umum dan masyarakat profesi itu sendiri dari kemungkinan malpraktik atau tuduhan malpraktik.

Perlindungan finansial dalam bentuk tersedianya produk proteksi yang melindungi para pelaku profesi dari tuntutan / kewajiban finansial akibat adanya sebuah proses hukum dan/atau keputusan hukum.

Dalam dunia perasuransian dikenal istilah INDEMNITY INSURANCE.

Indemnity Insurance adalah sebuah polis asuransi yang bertujuan untuk melindungi Business Owner/Profesional ketika mereka melakukan kesalahan dalam menjalankan profesi mereka. Contoh spesifik dari Indemnity Insurance adalah Polis Asuransi Profesi seperti Asuransi Malpraktik dan Asuransi Kesalahan Kerja, yang melindungi para profesional dari tuntutan / klaim yang timbul di tempat kerja.

Di Indonesia produk asuransi ini memang masih terdengar asing. Sangat sedikit perusahaan asuransi Indonesia yang mau menjual polis Profesional Indemnity Insurance ini. Jika pun ada maka preminya mahal dan klaim prosesnya agak rumit, meski sebenarnya kebutuhan akan polis ini dari asosiasi profesi sudah sangat tinggi.

Bagaimana menurut Anda ?

Fadjar Hutomo

Pemerhati keuangan dan bisnis personal | penikmat alam & olahraga | venture capitalist | financial planner

Latest posts by Fadjar Hutomo (see all)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca