Cari Kotak Hitam QZ 8501, Tim KNKT Mulai Diterjunkan

1
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F.H Bambang Soelistyo

Jakarta – Tim Komite Nasional Keamanan Transportasi mulai diterjunkan untuk membantu pencarian kotak hitam pesawat Air Asia QZ 8501 di bawah kedalaman laut.

Kepala Badan SAR Nasional Mayor Jenderal TNI FH Bambang Soelistyo menyampaikan, saat ini tim KNKT sudah siap melakukan pencarian terhadap kotak hitam pesawat yang mengalami putus kontak sejak Minggu (28/12) pagi itu.

“Tim KNKT sekarang berada di pangkalan Bun, dan besok mereka kita bawa dengan peralatan yang ada pada tim untuk menemukan black box,” katanya di kantor pusat Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Kamis (01/01).

Menurutnya, saat ini di KN Purworejo Basarnas terdapat 59 penyelam, yang terdiri dari 47 penyelam dari tim Kopaska TNI AL dan 12 tim penyelam Basarnas Special Group. Pada operasi pencarian hari ini, ketinggian ombak setinggi 4 meter menjadi kendala utama untuk melakukan penyelaman.

“Dengan kondisi hari ini mereka sudah mencoba, tapi tidak bisa maksimal. Besok mereka akan mencoba penyelaman di daerah operasi,” lanjutnya.

Dia juga menegaskan, meskipun cuaca tidak bersahabat, tim gabungan Basarnas tidak akan membiarkan begitu saja jenasah para korban yang berada di bawah kedalaman laut, sejauh bisa diketahui dan dipastikan keberadaannya. “Di dalam bangkai pesawat pun, kalau kita ketahui posisinya akan kita lakukan evakuasi,” tegasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca