Bupati Ngada NTT Blokir Bandara, Berapa Kapasitas Penumpang Merpati MA 60 ?

2

 

Satu lagi berita hangat menyangkut arogansi Pejabat di Indonesia. Seorang Bupati dari Kabupaten Ngada – NTT, Marianus Sae diberitakan sabtu, 21 Desember 2013, mem-blokir Bandara Turelelo Soa – Ngada, sehingga Pesawat Merpati MA60 yang membawa 54 Penumpang dari kota Kupang tidak dapat mendarat. Akibatnya penumpang terpaksa dibawa kembali ke Bandara El Tari Kupang, dan penumpang dari Bandara Ngada yang semestinya bisa berangkat ke Kupang jadi batal berangkat hari itu.

Peristiwa ini dipicu karena Bupati Maranus Sae yang pada jumat, 20/12 menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013 oleh gubernur NTT di Kupang, harus segera kembali pada sabtu pagi ke Ngada karena akan ada Paripurna DPRD pada pukul 8.30 sabtu. Pak Bupati melalui ajudannya meminta bantuan merpati untuk sebuah ticket agar bisa berangkat sabtu pagi dengan pesaawat Merpati Airline. Namun karena alasan penerbangan sabtu tersebut sudah penuh, permintaan Bupati tidak dapat dipenuhi. Sehingga gagal lah bupati tersebut menghadiri Rapat Paripurna dan akibatnya Rapat Paripurna pembahasan penutupan anggaran DPRD Ngada hari sabtu tersebut dibatalkan. Hal inilah yang kemudian menurut berita menjadi penyebab akhirnya bandara Turelelo Soa tidak dapat didarati karena adanya penghalang di Runway berupa Satpol PP yang memarkir kendaraan di Runway atas perintah Bupati.

Sebenarnya berapakah kapasitas tempat duduk pada Pesawat Merpati MA60 dengan nomor penerbangan MZ6516 ini? Sehingga Bupati sampai tidak dapat tempat duduk dan ground staff Merpati Airlines tidak dapat meyakinkan Bupati bahwa Kapasitas tempat duduk betul sudah penuh dan tidak dapat di isi lagi.

Dari data yang dikeluarkan pembuat Pesawat ini, AVIC Internasional, Jenis pesawat MA60 memiliki kapasitas tempat duduk maksimal 60 penumpang. Kapasitas ini dapat disesuaikan jumlahnya sesuai dengan keinginan pemesan. Dari berbagai data yang ada, seperti keterangan penumpang yang pernah menulis disini dan berita disini, Merpati menjadikan pesawat MA60 miliknya berkapasitas 58 penumpang. Namun disitus Merpati tertulis bahwa jenis pesawat ini dimodifikasi hanya untuk 54 penumpang

Apakah Kapasitas Pesawat MA60 nomor penerbangan MZ6516 benar berkapasitas 54 penumpang? dan membawa penumpang pada saat itu sejumlah 54 orang? dan jika benar jumlah kapasitas dan jumlah penumpang seperti itu, kenapa staff air ground Merpati tidak mampu meyakinkan Bupati bahwa penumpang sudah penuh sesuai kapasitas. Hal ini mestinya bisa dijelaskan oleh pihak Merpati Airlines, apalagi terkait dengan alasan betapa urgensinya Pak Bupati harus terbang kembali pagi itu kedaerahnya.

 

 

Ferry Koto

Penggiat Perkoperasian dan Pendidikan, Dewan Pendidikan Surabaya, Direktur Center for National Strategic Studies (CNSS), Penggagas Gerakan Muslim Kuasai Media (GMKM)

Latest posts by Ferry Koto (see all)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca