Besok, Dua Kapal Destroyer Jepang Tiba Ke Lokasi Pencarian QZ 8501

1

Jakarta – Dua kapal jenis destoyer milik negara Jepang akan ikut membantu proses pencarian dan evakuasi pesawat Air Asia QZ 8510.

Rencananya, baru pada hari Jumat besok (02/01) dua kapal tersebut akan berada di sekitar lokasi pencarian pesawat. Setidaknya, 370 orang tentara Jepang yang akan disertakan.

Juru bicara tim Gabungan tentara Jepang Kolonel Yoshiura mengungkapkan, selain dua jenis kapal destroyer, tiga helikopter juga akan dilibatkan dalam proses evakuasi dari area pencarian ke pangkalan udara TNI AU di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

“Ada dua kapal destroyer dan tiga helikopter untuk misi pencarian,” katanya di kantor Badan SAR Nasional di Jakarta, Kamis (01/01).

Dia menyatakan, saat ini keberadaan armada bantuan dari Jepang itu masih belum memasuki perairan Indonesia. Dua kapal destoyer yang membawa serta tiga helikopter ini masih bersandar di pelabuhan Kelang, Kuala Lumpur Malaysia. “Mereka masih berada di port Kelang Malaysia. Besok pagi mereka akan tiba di lokasi,” lanjutnya.

Menurutnya, bisa saja armada bantuan dari negaranya itu dilibatkan dalam misi pencarian. Namun demikian, helikopter akan difokuskan untuk membantu evakuasi.

“Kalau kapal dari negara lain terlibat dalam pencarian jenazah, maka jenazah yang ditemukan tersebut akan dibawa tim kami ke pangkalan udara (Pangkalan Bun),” ucapnya.

Sebagai informasi, kapal yang beratnya 500 ton itu baru saja kembali ke Jepang dari misi penumpasan pembajak di laut Somalia. Namun, saat mereka sedang kembali ke jepang sedang berlangsung pencarian pesawat Air Asia QZ 8501, sehingga langsung diperbantukan untuk melakukan pencarian dan evakuasi pesawat.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca