Basarnas Konsentrasikan Proses Evakuasi Ke Pangkalan Bun

2
Konferensi Pers Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo atas penemuan Jenazah penumpang Air Asia QZ-8501

Jakarta – Setelah menemukan serpihan dan lempengan pintu darurat yang diduga kuat berasal dari pesawat QZ 8501, Basarnas segera mengerahkan unsur SAR ke titik lokasi tersebut.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo telah memerintahkan semua unsur SAR di sekitar area pencarian pada hari ketiga menuju ke lokasi yang diduga kuat sebagai titik keberadaan pesawat QZ 8501.

“Seluruh unsur di wilayah itu maupun SAR gabungan, saya gerakkan saat ini menuju ke titik lokasi,” katanya saat memberikan keterangan pers di kantor Basarnas di Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/12).

Menurutnya, pekerjaan yang akan dilakukan oleh tim Basarnas di sekitar lokasi tersebut adalah mencari dan mengevakuasi berbagai benda dan barang-barang yang berasal dari bagian pesawat tersebut. Termasuk juga melakukan evakuasi terhadap jasad penumpang yang sudah meninggal dunia.

Dia menyatakan, hasil evakuasi akan dibawa dan dikonsentrasikan ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah karena daerah tersebut letaknya paling dekat dengan titik lokasi penemuan serpihan. “Saya pastikan semua dibawa ke Pangkalan Bun,” tegasnya.

Selanjutnya, Basarnas akan mencari berbagai bagian peswat itu di sekitar wilayah perairan. Selain itu, Basarnas juga akan memastikan kesiapan peralatan dan teknologi untuk menuju lokasi kedalaman pesawat. Antara lain, menggunakan kapal yang dimiliki BPPT untuk memastikan di bawah laut terdapat badan pesawat.

“Pekerjaan berikutnya, saya siapkan pasukan penyelem. Saat ini 11 penyelam TNI AL, 10 orang dari rescuer Badan Sar,” paparnya.

Sedangkan untuk tindakan lanjutan berkaitan dengan proses investigasi terhadap pesawat tersebut, dia menyerahkan tugas tersebut kepada Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT).

Namun demikian, Basarnas akan ikut membantu mengamankan bagian-bagian pesawat. “Saya mohon support kepada unsur-unsur SAR, supaya kita bisa melakukan informasi langkah berikutnya,” ucapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca