Basarnas Kerahkan Kekuatan Maksimal Cari Pesawat Air Asia QZ-8501

0
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Soelistyo

Jakarta – Badan SAR Nasional (Basarnas) pagi ini, Senin (29/12), kembali melanjutkan pencarian pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ-8501. Pencarian hari ini akan mengerahkan secara maksimal potensi kekuatan yang ada di Basarnas dengan dibantu oleh berbagai kekuatan lain seperti dari negara Singapura dan Malaysia. Juga turut dikerahkan nelayan dan kapal yang berada di lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya pesawat.

Basarnas sudah mengeluarkan release bahwa pesawat sudah dipastikan jatuh dan lokasi jatuhnya diperkirakan di sekitar perairan Bangka Belitung.

“Kurang lebih ada dua sasaran di selatan Pulau Bangka dan di utara Pulau Bangka termasuk Selat Karimata, kurang lebih 200×200 nautical mile (nm) dan 180×150 nm, nanti itu kita kembangkan, kita perluas lagi setelah evaluasi yang ada di sektor itu,” jelas Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H Bambang Soelistyo di kantornya, Jakarta, Senin (29/12) pagi.

Dijelaskan juga oleh Soelistyo bantuan dari beberapa negara juga sudah mulai diterjunkan. Dari Singapura mengirimkan 1 pesawat jenis Hercules dan 3 buah kapal sudah menuju kelokasi titik pencarian. Sementara Malaysia memberikan dukungan pencarian dengan mengirimkan 1 pesawat dan 3 kapal yang saat ini sedang bersiap menuju ke titik pencarian.

Basarnas sendiri saat ini sudah mengerahkan 12 kapal miliknya serta dibantu kekuatan dari TNI. Pihak TNI AU mengerahkan 5 pesawat untuk membantu Basarnas, diataranya Pesawat AI 7303/Boeing 737 untuk pemantauan, pesawat Hercules 1323/C130, dan Helikopter Puma HT 3310. Keseluruh pesawat TNI AU tersebut berada dibawah koordinasi Basarnas.

Sebagaimana diketahui Pesawat Air Asia QZ-8501 jenis Airbus A320-200, kode registrasi PK-AXC, dengan rute penerbangan Surabaya menuju Singapura, hilang kontak Minggu (28/12) pagi. Pesawat hilang kontak pada pukul 6.12 WIB disekitar Pontianak dan pulau Tanjung Pandan, setelah take off dari Bandara Juanda pada pukul 5.36 WIB.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca