Armada Kapal Jepang dan AS Sudah Sandar di Kuala Lumpur dan Singapura

0
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F.H Bambang Soelistyo, memberikan keterangan pers, rabu (31/12)

Jakarta – Armada Kapal negara asing yang berniat membantu proses pencarian dan evakuasi pesawat Air Asia QZ-8510 sudah bersandar di negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

Setidaknya, ada dua kapal milik Jepang dan Amerika Serikat yang sudah siap meluncur ke daerah operasi pencarian dan evakuasi pencarian QZ 8501 yang dikoordinasikan oleh Badan SAR Nasional.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengungkapkan, dengan situasi cuaca yang ada di sekitar lokasi pencarian, Basarnas harus mempertimbangan berbagai tantangan maupun peluang saat akan mengambil setiap keputusan berkaitan dengan operasi pencarian dan evakuasi yang saat ini masih berlangsung.

Dia menyatakan, dengan berbagai pertimbangan tersebut Basarnas sudah menginstruksikan kepada kapal milik Jepang untuk segera meluncur ke area pencarian yang sudah ditetapkan oleh Basarnas. “Kapal jepang sekarang berada di Kuala Lumpur. Setelah mengisi logistik, saya perintahkan untuk ke lokasi,” katanya di kantor Basarnas di Jakarta, Rabu (31/12).

Sedangkan, untuk kapal Amerika yang mempunyai perangkat sonar untuk mendeteksi benda di kedalaman laut, masih bersandar di Singapura dan menunggu koordinasi lanjutan dari Basarnas. “Kapal Amerika dengan sistem sonar dan punya penyelam, saya perintahkan Stand By di Singapura,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, pemberangkatan kapal asal AS tersebut masih menunggu perkembangan situasi di lapangan. “Tergantung hasil pantauan malam ini dan cuaca medan,” ucapnya.

Selain itu, Bambang menambahkan, pesawat BC dengan awak yang berasal dari Korea Selatan sudah siap diterbangkan ke lokasi pencarian. Rencananya, besok pesawat tersebut akan diterjunkan ke area pencarian dan evakuasi. “Yang pasti kita buat keputusan dengan goalnya menyelesaikan semua ini,” tutupnya.

Sebagai informasi, saat ini setidaknya ada 4 kapal laut yang berada di atas perairan di sekitar area pencarian dan evakuasi pesawat Air Asia QZ 8510. Keempat kapal tersebut adalah KRI Banda Aceh, KRI Yos Sudarso, KRI Bung Tomo dan sebuah kapal Malaysia.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca