Anies Sebut SMK Punya Potensi Bantu Wujudkan Poros Maritim

0
Anies Baswedan Meresmikan Microbus Solar-Car karya SMK Muhamadyah

Jakarta – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan‎ bahwa pemerintah akan mendorong orientasi baru bangsa berbasis kemaritiman. Untuk itu dibutuhkan terobosan dan mindset baru bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Pemerintah akan mendorong orientasi baru bangsa berbasis maritim dan butuh terobosan serta mindset bagi Sekolah Menengah Kejuruan,” ucapnya saat berpidato dalam acara Launching Mobil Microbus Solar-Car di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (19/12).‎

Dia menilai bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya SMK Muhammadiyah mempunyai potensi. SMK dianggap mampu untuk ‎memproduksi alat-alat transportasi laut untuk memperkuat Poros Maritim Indonesia.

Menurut Anies, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang merancang sebuah kurikulum pendidikan berbasis kelautan.‎ Selain itu pihaknya juga akan mendorong industri transportasi laut dalam negeri.

“Masuk Sekolah Bahari dan bangun transportasi dan alat transportasi. Di luar, pangsa pasar bagi kendaraan ‎yaitu Sepeda Motor di Indonesia. Dan jangan hanya transportasi laut, peluang besar di tahun depan dan jangan dilepas ke negara lain,” jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies juga menilai bahwa Muhammadiyah‎ sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang mampu mencetak generasi muda yang potensial. Oleh karena itu, Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga mengucapkan selamat kepada Muhammadiyah.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca