250 Peneliti Belia Berkompetisi di Lomba Peneliti Pelajar Indonesia

2

Surabaya – Sebanyak 250 pelajar tingkat SLTP dan SLTA yang berasal dari berbagai kota-kabupaten se-Indonesia mengikuti kompetisi penelitian pelajar di Surabaya. Lomba mengambil tempat di Asrama Haji Sukolilo mulai tanggal 9 sampai 10 November. Kegiatan ini diadakan oleh Center For Young Scientists (CYS) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya.

Pada hari Minggu (9/11) diadakan lomba poster dari masing masing peserta dan hari ini, Senin (10/11) setiap peserta memaparkan hasil penelitian mereka dihadapan dewan juri. Dewan juri terdiri dari para dosen dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Udayana Bali, Universitas Prahiyangan Bandung, Bandung FE Institute, dan Peneliti Senior dari Center For Young Scientists.

“Kegiatan ini merupakan tahapan akhir dari perlombaan yang telah diadakan di masing – masing regional,” papar Monika Raharti, M.Si, Direktur Center For Young Scientists.

Adapun jenis penelitian yang dilombakan terdiri dari 5 klasifikasi, yaitu Kehidupan, Lingkungan, Fisika, Komputer dan Matematika.

“Setiap kategori akan diambil tiga terbaik untuk mengikuti lomba tahap berikutnya, bertaraf International, yaitu International Young Research di Turki pada April 2015 dan Asia Pacific Young Research di Malaysia pada Agustus 2015 mendatang,” ujar Monika, yang juga adalah Presiden Asia Pacific Conference Young Centre kepada reporter Fren247.

CYS merupakan lembaga peneliti untuk pemuda yang bervisi mencetak 30.000 Doktor pada tahun 2030, serta misinya adalah mempromosikan penelitian pada sekolah tingkat menengah (SMP) dan tingkat atas (SMA) atau sederajat, meningkatkan kemampuan guru dalam mentoring serta membangun suasana penelitian, dengan nilai-nilai kejujuran, keadilan dan kreativitas.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca