Potensi & Peran Modal Ventura dalam Pembiayaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi

2

[ads1]

Jatim VenturaSebagai bagian dari masyarakat global kita tidak dapat menghindari salah satu aspek dari globalisasi ekonomi yakni persaingan bebas . Mau tidak mau, suka ataupun tidak kita harus masuk dalam persaingan global ini dan bertarung dengan negara-negara lain di dunia untuk tampil sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Maka pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab adalah apakah kita telah memiliki daya saing yang cukup untuk memenangkan pertarungan atau persaingan tersebut.

[ads2]

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh Institute for Management Development (IMD) dalam the World Competitiveness Scoreboard pada tahun 2003, dari 30 negara berpenduduk lebih dari 30 juta jiwa, Indonesia menduduki peringkat ke 28, jauh dibawah negara-negara  Asean lainnya , bahkan dari provinsi Zhejiang di China dan Sao Paulo di Brazil

Dalam sebuah indikator lain yang dikembangkan oleh the World Economic Forum (WEF), Porter & Stern (2001) dalam the Global Competitiveness Report (GCR) menyatakan bahwa salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan daya saing sebuah negara adalah kemampuan atau kapasitas Inovasinya.

Dalam sebuah publikasinya , Bank Dunia menyajikan sebuah alat interaktif, yakni Knowledge Assessment Methodology (KAM) untuk mengevaluasi kinerja suatu negara dalam berbagai dimensi, termasuk yang terkait dengan sistem inovasi.

Gambar berikut ini mengilustrasikan Sistem Inovasi Indonesia dan perbandingannya dengan beberapa negara

Jaring Inovasi

Berbagai indikator tersebut menunjukkan ketertinggalan Indonesia dalam daya saing & sistem Inovasi bahkan jika dibandingkan dengan beberapa negara Asean lainnya yang terus berkembang pesat seperti Malaysia, Singapura dan Thailand … Bersambung hal 2

Fadjar Hutomo

Pemerhati keuangan dan bisnis personal | penikmat alam & olahraga | venture capitalist | financial planner

Latest posts by Fadjar Hutomo (see all)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca