Kesalahan Utama dalam Penggunaan Kartu Kredit

2

credit-card-debt-managementMengalami kesulitan mengendalikan saldo kartu kredit Anda ? Jika demikian, Anda berada dalam perahu yang sama seperti ribuan konsumen lainnya.

Kabar baik: Setelah Anda memilih untuk mengubah kebiasaan pengeluaran Anda, adalah mungkin untuk membuat hutang Anda mjd lebih terkelola.

Gunakan tips-tips sederhana sebagai pijakan untuk menghentikan tenggelam lebih dalam ke dalam utang dan mulai mendapatkan kembali kendali atas keuangan Anda.

Membayar Hanya tagihan Minimum

Hanya membayar tagihan minimum berarti hanya akan membuat hutang anda menjadi lebih panjang dan tingkat suku bunga yang perusahaan kartu kredit bebankan  akan terus membesar setiap bulan. Sebaliknya, bayarlah tagihan Anda sebesar2nya yang Anda mampu. Bila memungkinkan, cobalah untuk mengurangi pengeluaran Anda di daerah lain untuk fokus pada melunasi utang kartu kredit Anda. Ini akan membantu menjaga bunga majemuk agar tidak merugikan Anda.

[ads2][ads1]

Menggunakan Kartu Kredit Anda untuk Item harian

Kebutuhan bulanan Anda harus dibayar dengan penghasilan bulanan Anda. Menjaga pembelian yang diperlukan seperti makanan dan tagihan listrik dari kartu kredit Anda merupakan langkah besar menuju mendapatkan pengeluaran Anda di bawah kendali. Sebuah galon $ 3 susu dibeli dengan kartu kredit dengan cepat dapat berubah menjadi satu galon susu $ 30 jika Anda tidak melunasi saldo pada akhir bulan.

“Reward” Kartu Kredit

Selama saldo kartu kredit dibayar penuh dan tepat waktu setiap bulan, tak ada yang salah dengan menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan hadiah. Tapi, jika Anda tidak dapat melunasi uang yang Anda habiskan selama bulan, imbalan yang diperoleh dari kartu kredit sering bernilai jauh lebih kecil dari bunga. Skema kartu kredit hadiah sering keluar untuk bonus 2%. Karena jumlah bunga yang dikenakan pada saldo rekening yang beredar melebihi bonus, menimbulkan dua digit jumlah bunga untuk kerugian.

Pinjaman Tunai

Perusahaan Kartu Kredit seringkali menawarkan cash advance atau pinjaman dana tunai kepada nasabah. Mengambil uang muka tunai (cash advance) akan menyebabkan Anda dibebankan bunga segera setelah anda mengambilnya – tidak seperti dengan pembelian kartu kredit biasa, seringkali tidak ada masa tenggang. Biaya otomatis 2-4% juga dibebankan pada jumlah uang muka di samping tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan saldo kartu kredit Anda secara normal.

Menggunakan Kartu Kredit Anda Untuk membayar Tagihan Biaya Kesehatan.

Tagihan medis bisa sangat mahal, terutama jika Anda tidak diasuransikan. Jika Anda mengalami kesulitan membayar tagihan medis Anda, Anda harus berusaha untuk menegosiasikan perjanjian dengan penyedia perawatan medis Anda. Jangan menambahkan tagihan Anda – dan stres Anda – dengan memaku suku bunga kartu kredit sangat tinggi ke biaya medis Anda. Juga     pastikan kebenaran tagihan Anda adalah akurat dan bahwa Anda memahami semua biaya yang dibebankan

Mengabaikan Hutang Anda

Mengabaikan tagihan kartu kredit Anda mungkin tampak seperti solusi sementara, tapi itu ide yang buruk karena bunga yang Anda bayarkan hanya akan menyebabkan saldo hutang membesar. Bahkan, lupa membayar satuatau dua tagihan juga dapat menyebabkan tingkat bunga meningkat. Daripada mencoba untuk menyembunyikan, Anda harus menghubungi masing-masing penyedia kartu kredit Anda untuk menegosiasikan ketentuan perjanjian Anda untuk menurunkan suku bunga, menyiapkan rencana pembayaran, atau bahkan meminta penghapusan beberapa utang Anda. Mengabaikan hutang Anda dapat memacu debt collector untuk bertindak. Dan bisa saya pastikan anda tidak akan suka berhubungan dengan mereka.

 

Fadjar Hutomo

Pemerhati keuangan dan bisnis personal | penikmat alam & olahraga | venture capitalist | financial planner

Latest posts by Fadjar Hutomo (see all)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca