UI Ditetapkan Sebagai PTN Terbaik 2014 Dalam Keterbukaan Informasi Publik

2
Kampus Universitas Indonesia (foto doc UI)

Jakarta – Universitas Indonesia (UI) ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia pada Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik 2014. Penganugerahan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla kepada Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

UI dinilai oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) sebagai PTN yang berhasil menerapkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Dari penilaian yang dilakukan oleh tim juri KIP, UI mendapatkan skors tertinggi 77,8 meninggalkan Universitas Brawijaya (UB) ditempat kedua dan Institut Pertanian Bogor (IPB) diurutan ketiga.

“Proses penilaian dilakukan secara dua tahap. Pertama, penyebaran Kuesioner Penilaian Mandiri (Self Assessment Questioner) terhadap UI dan Verifikasi Website Badan Publik. Kedua, Visitasi ke UI, wawancara dan pembuktian secara langsung dokumen-dokumen atau informasi dalam berbagai format/kemasan,” ungkap Farida Haryoko, Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko dalam rilis yang dikirimkan ke media, Minggu (14/12).

Farida menjelaskan Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi UI untuk terus meningkatkan budaya keterbukaan informasi publik yang ditujukan bagi kepentingan publik khususnya civitas akademika UI untuk mencapai masyarakat informasi.

Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), Komisi Informasi merupakan lembaga independen yang juga memberikan laporan mengenai tugasnya dalam melaksanakan UU KIP kepada Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pemeringkatan keterbukaan informasi pada badan publik ini telah dilakukan oleh Komisi Informasi sejak 2011 namun pada kategori PTN baru dilaksanakan pada 2014.

Anugerah Pemeringkatan Informasi Publik tahun 2014 dibagi menjadi enam kategori, yakni kategori Badan Publik Kementerian (34 kementerian), Kategori Badan Publik Badan/Lembaga (135 badan/lembaga), Kategori Badan Publik Provinsi (34 Provinsi), Kategori Badan Publik BUMN (138 BUMN), Kategori Badan Publik Partai Politik (12 Parpol), Kategori Badan Publik PTN (61 PTN).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca