FOKUS

Mobil Samudera UNS Berjaya di IEMC 2013

1

[ads1]

Mobil SUryaMahasiswa Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berjaya di Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 yang digelar di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pekan lalu.

Dalam kompetisi mobil hemat energi tersebut, kendaraan rancangan para mahasiswa yang tergabung dalam Tim Bengawan tersebut muncul sebagai juara kedua untuk kategori Urban Gasoline.

[ads2]

Mobil yang mereka namakan Samudera generasi kedua tersebut mampu menempuh jarak 135,8 km untuk setiap liternya dan hanya terkalahkan oleh mobil buatan mahasiswa ITS yang mampu menempuh jarak 191 km untuk setiap liternya.

”Secara prestasi kami memang lebih baik dibanding tahun lalu yang hanya berada di peringkat keempat dengan jarak 64,9 km/jam. Namun kami masih belum puas dan masih ingin meningkatkan performa mobil terutama untuk massa mobil dan chasis sehingga jarak tempuhnya bisa mencapai 200 km untuk setiap liter bahan bakar,” kata manajer Tim Bengawan UNS Royan Romadhon kepada wartawan, Senin (18/11).

Dikemukakan, pada event tahunan mobil irit BBM tersebut UNS hanya mengirimkan sebuah mobil untuk berlaga di kategori Urban Gasoline. Sebuah mobil protitipe yang juga dirancang oleh Tim Bengawan, Estungkara belum memenuhi kualifikasi untuk diikutkan dalam kompetisi tersebut.

Mobil dengan bobot total sekitar 160 kg tersebut berlaga di IEMC pada 14 -17 November silam itu melawan 53 tim dari 30 perguruan tinggi se-Indonesia. Sebelum berlaga di arena pacu, kata Royan, mobil terlebih dulu harus mengikuti tes kelayakan yang meliputi dimensi, berat kendaraan, berat pengemudi, unsur safety,uji slalom dan lainnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca