Menko Maritim Meminta ITS Ikut Wujudkan Program Poros Maritim Pemerintah

0
Gedung Rektorat ITS Surabaya

Surabaya – Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo dalam kuliah tamu di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menyampaikan bahwa Pusat Desain dan Rekayasa Kapal Nasional (National Ship Design and Engineering Center-NasDEC) yang dimiliki ITS akan disiapkan menjadi Balai Besar untuk mendukung program kemaritiman dalam bidang desain dan rekayasa kapal.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk segera mewujudkan program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia. “Dengan itu (jadi poros maritim), tingkat pendapatan akan meningkat menjadi 10 ribu dolar perkapita,” jelas Indroyono.

Disampaikan juga oleh Indroyono bahwa Presiden Jokowi telah menetapkan 4 agenda besar untuk mencapai tujuan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Keempat agenda itu adalah kedaulatan maritim, sumberdaya alam dan jasa, infrastruktur maritim, serta sumberdaya manusia dan budaya maritim.

Ia berharap ITS sebagai perguruan tinggi yang memliki keunggulan dibidang Maritim untuk turut serta membantu mewujudkan program pemerintah tersebut.

“Untuk itu, saya minta para ahli desain dan rekayasa kapal serta ahli integrasi radar dari ITS untuk memajukan program kemaritiman dengan empat agenda besar itu,” harap Indroyono yang menyampaikan kuliah tamu didepan ratusan mahasiswa dan dosen ITS.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca