Melalui Voting Prof Joni Hermana Terpilih Sebagai Rektor ITS 2015 – 2019

13
Prof. Ir. Joni Hermana, MScES, PhD

Surabaya – Rapat Senat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akhirnya berhasil memilih Rektor baru ITS. Dalam rapat yang dihadiri oleh Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir hari ini, Rabu (4/2), telah terpilih melalui pemungutan suara atau voting Prof. Ir. Joni Hermana, MScES, PhD sebagai Rektor ITS 2015 – 2019.

Joni Hermana berhasil unggul dalam pengumpulan suara dari Eko Budi Djamtika dan Djaohar Manfaat.

Informasi yang diperoleh redaksi Fren247, pemilihan berlangsung cukup ketat. Pada pemungutan suara pertama, Joni Hermana bersaing ketat dengan Eko Budi Djatmiko. Masing-masing mendapatkan suara yang sama, sebanyak 38 suara, sementara Djaohar Manfaat mendapat 4 suara.

Karena jumlah suara yang dikumpulkan Joni dan Eko sama, maka dilakukan pemungutan suara putaran kedua. Dalam pemungutan suara putaran kedua ini, hanya diikuti oleh dua suara tertinggi yaitu Joni dan Eko Budi.

Akhirnya setelah melakukan pemungutan suara ulang, Joni Hermana, yang merupakan guru besar Teknik Lingkungan, berhasil mendapatkan 40 suara. Joni unggul satu suara dari Eko Budi yang mengumpulkan 39 suara. Sementara ada satu suara yang abstain.

Prof. Daniel M. Rosyid salah satu anggota Senat ITS, menyambut baik hasil pemilihan yang dilakukan Senat ITS bersama Menteri Ristek Dikti tersebut. “Prof. Joni punya track record yang bagus. Beliau juga peduli isu kemaritiman,” ungkap Daniel melalui pesan singkat yang diterima Fren247.

Dalam pemilihan Rektor ITS ini komposisi suara Senat ITS sebesar 65 persen dan suara pemerintah sebesar 35 persen. Seluruh anggota senat yang berjumlah 52 orang hadir memberikan suaranya. Masing masing anggota Senat memiliki hak 1 suara dan Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Ristek Dikti memiliki 28 suara.

Berikut Hasil Pemilihan Putaran Pertama :

  • Joni Hermana : 38 Suara
  • Eko Budi Djatmiko : 38 Suara
  • Djaohar Manfaat : 4 Suara

Hasil Pemilihan Putaran Kedua :

  • Joni Hermana : 40 Suara (50%)
  • Eko Budi Djatmiko : 39 Suara (48.75%)
  • Abstain : 1 Suara (1,25%)

MENARIK DIBACA

loading...

2 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca