Joni Hermana Menang Telak Dalam Pemungutan Suara Pemilihan Rektor ITS

13
Prof. Ir. Joni Hermana, MScES, PhD

Surabaya – Prof. Ir. Joni Hermana, MScES, PhD, akhirnya memenangkan pemilihan raya Calon Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berlangsung dari tanggal 8 Desember sampai dengan 12 Desember 2014.

Dari hasil perhitungan suara yang masuk hingga Jumat (12/12) malam, Joni yang mengusung tema Kampanye ITS Rumah Kita Bersama, menempati urutan perolehan suara teratas dari 13 calon lainnya. Pemungutan suara ini diikuti oleh Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Pendidik (Tendik) di ITS.

“Setiap civitas akademika di lingkungan ITS yang memberikan hak suaranya akan mendapatkan bobot suara yang berbeda, dimana suara dosen mempunyai bobot 5, suara karyawan 3, dan suara mahasiswa 1,” ujar Imran Ibnu Fajri, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS, kepada reporter Fren247, Jumat (12/12) dikampus ITS.

Pemungutan suara ini adalah rangkaian pemilihan Rektor ITS yang diadakan oleh Panitia Pemilihan Calon Rektor (PPCR). Dari hasil pemungutan suara ini akan dipilih 5 suara teratas sebagai calon Rektor ITS. Kelima Calon Rektor tersebut akan kembali diseleksi oleh Senat ITS untuk ditetapkan 3 calon yang namanya akan diserahkan pada Pemerintah dalam hal ini Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti). Kemudian dari 3 nama tersebut akan dipilih satu orang untuk menjadi Rektor ITS oleh Senat ITS bersama Menristek Dikti yang memiliki hak suara 35%.

“Pada tahap penjaringan pertama, dari 13 calon Rektor yang akan dipilih semua civitas akademika ITS, maka akan diambil 5 besar dan ditetapkan oleh senat,” jelas Imran.

Berikut hasil sementara penghitungan suara berdasarkan kelompok civitas akademika ITS, yang kami peroleh dilapangan dan dari BEM ITS ;

Suara Dosen  :

1. Joni Hermana, 238

2. Adi Soeprilanto, 174

3. Herman Sasongko, 66

4. Djauhar Manfaat, 61

5. Eko Budi Djatmiko, 59

Suara Karyawan :

1. Joni Hermana, 488

2. Eko Budi Djatmiko, 75

3. Djauhar Manfaat, 73

4. Bambang L Widjiantoro, 67

5. Adi Soeprijanto, 59

Suara Mahasiswa :

1. Adi Soeprijanto, 1361

2. Daniel M Rosyid, 1357

3. Herman Sasongko, 1314

4. Joni Hermana, 1077

5. Nur Iriawan, 750

 

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca