Gerakan 10.000 Tumbler ITS, Mengurangi sampah Botol Plastik

11

tumbler ITS

Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan gerakan peduli lingkungan di kampus ITS Sukolilo Surabaya, yang melibatkan seluruh civitas Akademika ITS. Gerakan Peduli lingkungan yang dilakukan adalah Gerakan mengurangi sampah botol kemasan air minum di lingkungan kampus ITS dengan jalan mengurangi penggunaan botol plastik kemasan dan menggantikan nya dengan kebiasaan menggunakan botol minuman yang bisa digunakan berkali kali. Gerakan ini diberi nama Gerakan 10.000 Tumbler ITS.

[ads2][ads1]

Ide dari kegiatan ini adalah melihat kenyataan penggunaan botol plastik kemasan sangat besar dilingkungan ITS, terutama botol minuman mineral. Akibatnya banyak sampah berupa botol plastik yang dihasilkan tiap hari. Sebagaimana diketahui, botol plastik termasuk sampah yang sangat sulit terurai di alam, butuh waktu lama untuk terurai. Untuk mengurangi sampah botol plastik tersebut cara terbaik adalah dengan mengurangi peredaran air minum dalam kemasan di lingkungan ITS dan menggantikan nya dengan kebiasaan memakai botol yang bisa di isi ulang atau lebih dikenal dengan nama Tumbler. Dengan berubahnya kebiasaan civitas akademika ITS menggunakan Tumbler maka secara langsung akan mengurangi sampah berupa botol kemasan di lingkungan ITS.

Gerakan 10.000 Tumbler ini dilakukan dengan beberapa aktifitas, diantaranya adalah kampanye pada civitas akademika ITS untuk anti botol plastik sekali pakai dan beralih menggunakan botol Tumbler yang bisa dipakai berkali kali. Juga dibeberapa tempat di ITS disediakan refil air mineral untuk mengisi ulang Tumbler dengan harga terjangkau. Kampanye Gerakan 10.000 Tumbler ini diperkuat dengan mengadakan seminar untuk mengedukasi civitas ITS, baik agar makin peduli lingkungan maupun seminar  merawat tumbler yang baik dan benar.

gerakan 10000 tumblerGerakan 10.000 Tumbler di ITS didukung juga dengan pembagian Tumbler secara gratis. Untuk mendapatkan Tumbler Gratis ini dapat melalui 2 cara; dengan menukarkan Kupon Gratis Tumbler yang dibagaikan secara terbatas atau dengan jalan mengumpulkan 20 buah sampah botol plastik dilingkungan ITS dan menukarnya dengan 1 Tumbler.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca