Tuntut KPK Periksa Megawati dan Jokowi, Aktivis Progres 98 ditangkap

4

Jakarta – Aktivis Progres 98 kembali mengadakan aksi damai, kamis (14/8), di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menuntut KPK memeriksa Megawati dan Jokowi. Dalam aksi yang dimpimpin langsung oleh Ketua Progres 98, Faizal Assegaf,  mendesak KPK agar segera memanggil dan memerisa Megawati dan Jokowi atas kasus Korupsi yang sudah dilaporkan Progres 98 sejak beberapa bulan lalu.

Aksi yang berjalan damai tersebut berakhir dengan penangkapan Faizal bersama tiga orang aktivis oleh pihak Kepolisian. Belum diketahui dengan jelas apa alasan Polisi menangkap ke empat aktivis yang mengelar aksi damai tersebut. Keempat aktivis yang ditangkap adalah Faizal Assegaf, Fikram Faraid, Feriyanto Iriyan dan Afrizal. Sampai berita ini diturunkan keempat aktivis tersebut masih ditahan di Polres Jakarta Selatan.

Sebagaimana diketahui, Progres 98 meminta KPK memeriksa Megawati Soekarno Putri dalam kasus dugaan korupsi pemberian Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Akibat pemberian SKL pada era Megawati sebagai Presiden, negara dirugikan ratusan Trilyun rupiah dan para pengemplang BLBI bisa bebas tanpa tuntutan hukum.

Sementara untuk kasus Joko Widodo (Jokowi), mantan Walikota Solo, Progres 98 melaporkan temuan dugaan Korupsi Rp12,4 miliar APBD Solo saat Jokowi masih menjabat Walikota Solo. Selain itu Progres 98 juga melaporkan dugaan Korupsi Jokowi, Capres yang diusung PDI-P, pada kasus korupsi pengadaan bus TransJakarta senilai Rp 1,5 triliun saat menjabat Gubernur DKI.

Progres 98 juga melaporkan dan menuntut KPK mengusut dugaan gratifikasi terkait tiga rekening Jokowi dan kepemilikan rekening Jokowi di luar negeri senilai 8 juta Dollar AS yang tidak pernah dilaporkan pada KPK sesuai ketentuan pelaporan Harta Kekayaan Pejabat Negara.

Dalam aksi yang juga di hadiri oleh Sri Bintang Pamungkas, Mukhlish Abdullah, penyair senior Suparwan Parikesit dan sejumlah tokoh reformasi 98 lainnya, terlihat beberapa aktivis berorasi didepan Gedung KPK. Menghimbau KPK untuk berani memanggil dan memeriksa Megawati dan Jokowi. Juga menuntut Abraham Samad, Ketua KPK, merealisasi janjinya yang akan memeriksa Megawati dalam Kasus BLBI setelah liburan lebaran.

Progres98_demo_bintang_pamungkas2

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca