Tugas Ketua MK Tidak Terpengaruh Pendaftaran Calon Hakim Konstitusi

0
Ketua MK, Hamdan Zoelva

Jakarta – Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva menyatakan, tugasnya sebagai Ketua MK tidak akan terpengaruh oleh pencalonan hakim konstitusi yang saat ini diproses oleh Panitia Seleksi Hakim MK.

Hamdan mengungkapkan, seorang hakim di Mahkamah Konstitusi tidak bisa mengundurkan diri dari jabatannya hanya karena namanya masuk menjadi calon hakim konstitusi periode berikutnya.

“Untuk perpanjangan sebagai hakim itu tidak perlu mundur. Tetap menjabat sebagai hakim dan tetap bekerja seperti biasa,” katanya di gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Jumat (19/12).

Dia sendiri mengaku dirinya tidak pernah berinisiatif mendaftarkan diri menjadi calon hakim konstitusi periode berikutnya. Hamdan beralasan, kurang pantas ikut mendaftar sementara masih menjabat sebagai hakim konstitusi. “Kenapa saya tidak mendaftar? Saya merasa kurang elok sebagai hakim yang sedang menjabat, sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi ikut datang mendaftarkan diri,” tegasnya.

Bahkan, lanjutnya, dirinya sebelumnya tidak pernah mengetahui bahwa ada pihak lain yang mendaftarkan dirinya untuk maju menjadi seorang calon hakim konstitusi periode berikutnya. Meskipun, pendaftaran oleh pihak lain itu ternyata dimungkinkan oleh Panitia Seleksi calon hakim MK.

Hamdan menjelaskan, dirinya baru mengetahui namanya terjaring sebagai calon hakim konstitusi setelah mendapatkan konfirmasi dari Sekretariat Negara bahwa beberapa tokoh masyarakat dan LSM lah yang mendaftarkan namanya. Dia pun mempersilahkan namanya untuk ikut masuk dalam bursa calon Hakim MK.

“Terus dari setneg menanyakan apakah bapak bersedia didaftarkan. Saya katakan saya sangat menghargai para LSM dan tokoh-tokoh itu untuk mendaftarkan silahkan saja. Sehingga, terdaftarlah nama saya di situ,” bebernya.

Sebagai informasi, Panitia Seleksi Hakim MK saat ini sedang mencari pengganti hakim Mahkamah Konstitusi, sebab masa tugas Hamdan Zoelva sebagai hakim MK akan berakhir 7 Januari 2015 mendatang. Nama Hamdan Zoelva sendiri termasuk satu dari 15 nama yang terjaring menjadi calon hakim MK.

Panitia Seleksi Hakim MK terdiri atas tujuh orang dengan formasi: Ketua Saldi Isra, Sekretaris Reffly Harun dan lima orang anggota lain, yaitu Hardjono, Maruaraar Siahaan, Todung Mulya Lubis, Satya Arinanto, Widodo Eka Tjahjana.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca