Tim Advokasi Jakarta Baru Memiliki Bukti untuk Gugat Jokowi

0

Jokowi wawancara

Jakarta – Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru, Habiburokhman, mengatakan telah mengumpulkan bukti bukti yang akan digunakan untuk melakukan gugatan Class Action pada Jokowi, Gubernur DKI. Bukti itu berupa salinan kontrak politik tertulis bertanda-tangan Jokowi, rekaman suara dan rekaman video tentang janji-janji Jokowi saat kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 silam.

[ads2][ads1]

“Kami akan mendaftarkan gugatan class action kepada Jokowi  hari Senin, 17 Maret 2014, pukul 11.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, JL Gajah Mada Jakarta,” katanya di Jakarta Minggu (16/3).

Habiburokhman mengatakan, dalam gugatan Class Action ini, pihaknya akan mengajukan tiga tuntutan. “Pertama, menyatakan Jokowi telah melakukan perbuatan melawan hukum khususnya melanggar azas kepatutan karena meninggalkan tugas sebagai Gubernur DKI di tengah jalan. Kedua, menghukum Jokowi untuk melanjutkan tugasnya sebagai Gubernur DKI hingga selesai masa jabatan. Terakhir, menghukum Jokowi untuk meminta maaf kepada masyarakat khususnya para pendukungnya pada saat Pilgub,” katanya.

Pasal yang diajukan adalah perbuatan melawan hukum khususnya perbuatan melanggar azas kepatutan sebagaimana diatur Pasal 1365 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUH Perdata) dan juga melanggar Pasal 110 ayat (2) UU Nomor 32 Tahun 2003 terkait masa jabatan Kepala Daerah.

Tim Advokasi Jakarta Baru adalah sekumpulan advokat yang secara sukarela melakukan banyak aktivitas advokasi membela kepentingan pasangan Jokowi – Ahok pada saat Pilgub DKI tahun 2012.

Aktivitas advokasi tersebut antara lain mengajukan gugatan Class Action kepada KPU DKI terkait Daftar Pemilih Tetap yang bermasalah, melaporkan berbagai dugaan pelanggaran kampanye pasangan Foke – Nara ke Panwaslu DKI, melaporkan Ketua Panwaslu DKI yang dianggap tidak netral ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca