Terbukti Bersalah, Brigpol Rudy Soik Divonis Empat Bulan Penjara

2
Persidangan Brigpol Rudy Soik

Kupang – Brigadir Polisi (Brigpol) Rudy Soik divonis empat bulan penjara, karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiyaan kepada Ismail Paty Sanga, warga Larantuka kabupaten Flores Timur yang diduga terlibat dan mengenal Calo TKI yang sedang ditangani Rudy Soik saat itu.

Vonis ini disampaikan hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa, (17/2). Vonis yang disampaikan hakim lebih ringan dari tuntutan jaksa enam bulan penjara.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan tersebut dipimpin Hakim ketua, Ketut Sudira, dan anggota Ida Ayu dan Jemser Simanjuntak, hadir pula JPU, Wisnu Ardana. Sementara Rudy Soik dalam persidangan itu didampingi kuasa hukumnya Ferdi Tahu dan Adrianus Manyus Kobesi.

“Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan, dan yang memberatkan terdakwa yaitu, terdakwa merupakan anggota Polri yang seharusnya menjadi pengayom masyarakat,” kata hakim Ketut Sudira.

Selain divonis empat bulan penjara, terdakwa juga dibebankan membayar biaya persidangan sebesar Rp 5000. Dalam amar putusannya, hakim menyebutkan Rudi Soik terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan sesuai pasal 351 KUHP.

Atas vonis hukuman empat bulan penjara itu, kuasa hukum Rudi Soik menyatakan masih pikir-pikir terhadap putusan hakim, apakah melakukan upaya hukum lain atau tidak. “Kami masih punya waktu seminggu untuk sampaikan sikap kami,” katanya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca