Rizal Ramli Ingatkan Jokowi Agar Tidak Mencla Mencle Sebagai Presiden

4
Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli

Jakarta – Rizal Ramli mantan Menteri Koordinator Perekonomian era Presiden Gus Dur berharap Presiden Jokowi dapat lebih tegas dan berani dalam menyikapi persoalan kriminalisasi terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Jokowi, Anda jangan mengaku presiden tapi mencla mencle dan tak berani. Kasus ini kecil, Budi Gunawan juga kecil. Kalau Presiden punya nyali, semua cepat habis,” ungkap Rizal saat berorasi pada aksi “Save KPK” di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (22/2).

Lebih lanjut Rizal juga menyarankan agar posisi polisi ditinjau ulang kembali dan tidak lagi berada dibawah Presiden. Tujuannya agar Polisi tidak lagi menggunakan cara-cara tidak benar dalam menegakkan hukum dan tidak merasa superior.

“Jika perlu Polisi diposisikan di bawah gubernur saja, setara dengan Satpol PP, atau (seperti) era Gus Dur, polisi dibuat seperti di Inggris yang dilarang menenteng senjata,” usul Rizal.

Menurut Rizal terkait kasus dua pimpinan KPK. polisi telah menggunakan cara-cara preman dalam menjadikan Bambang Widjajanto sebagai tersangka dan proses penangkapannya. Padahal lanjutnya, kasus rekening gendut perwira Polisi perlu juga mendapatkan atensi dan lebih baik segera dituntaskan oleh Polisi.

“Sekarang polisi makin ngawur. rekeningnya makin gendut. Bagaikan preman,” sindir Rizal.

“Urus dulu rekening gendut, mana leadership-nya?,” lanjutnya.

Aksi SaveKPK berlangsung diberbagai kota di Indonesia. Di Jakarta aksi dilakukan bersamaan dengan kegiatan Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia. Aksi ini diikuti oleh alumni perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Di Surabaya aksi serupa dilakukan oleh alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ratusan alumni perguruan tinggi teknik di Surabaya ini ikut meramaikan aksi yang berlangsung di Taman Bungkul Surabaya bersamaan dengan acara Car Free Day. Koordinator aksi membentangkan dua buah spanduk untuk ditandatangani masyarakat yang memberikan dukungan pada KPK.

MENARIK DIBACA

loading...

69 KOMENTAR

  1. PAK JKW TAKUT KEPADA BUNDA MEGA (KIH), MAU MINTA TOLONG KE KMP MALU JUGALAH, MAKANYA DISEBUT JKW MAKAN BUAH SIMALAKAMA. JELASNYA JKW DLM BIDANG POLITIK MASIH TINGKAT II (TINGKAT WALIKOTA), DAN DIRINYA SENDIRI BUKANLAH ORANG YG PALING BERSIH DLM MASALAH HUKUM

Tanggapan Pembaca